Pelayanan Bank Pengaruhi Pindahnya Nasabah

img-20161018-wa0004

JatengOnline, Solo -Meski Bank Perkreditan Rakyat menyalurkan kredit dengan rata-rata 14 persen hingga 18 persen, namun BPR jangan terlalu khawatir bersaing dengan bank umum kendati pembiayaan yang disalurkan bunganya sangat rendah hingga 9 persen per tahun melalui program kredit usaha rakyat (KUR).

Pasalnya, menurut Direktur Amalia Consulting Suharno, perpindahan nasabah dari bank satu ke bank lainnya hanya karena iming-iming bunga rendah, prosentasenya cukup kecil. Menurut riset, alasan nasabah pindah ke bank lain, 14 persen karena tidak puas dengan produk bank yang bersangkutan, 30 persen karena perilaku bagian personal bank, dan 38 persen karena perilaku support service. Nasabah pindah ke bank lain karena faktor penawaran kompetitor lebih menarik hanya 9 persen.
“Malahan, bila BPR bisa memperbaiki attitude account manager justru akan mampu merebut 68 persen nasabah yang tidak puas dari bank lain,” kata Soeharno dalam workshop bertajuk Membangun Citra dan Kinerja SDM BPR Berbasis Kearifan Lokal dan Spiritual di Fave Hotel Solobaru, baru-baru ini.
Sebanyak 20 peserta yang terdiri jajaran direksi dan karyawan PT BPR Gajah Mungkur, Wonogiri, mengikuti workshop sehari yang berlangsung interaktif dan komunikatif itu. Diakhir acara dihasilkan dokumen komitmen, sebagai tindak lanjut dari workshop. Dokumen komitmen disusun bersama dan disahkan oleh Direktur Utama PT BPR Gajah Mungkur, Agus Salim.

Terpisah, ketua Persatuan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Komisariat Soloraya Aziz Soleh mengatakan, ada sejumlah kiat yang dijalankan BPR untuk mengikat nasabahnya agar tidak lari ke bank lain yang menawarkan bunga lebih rendah. Selain tetap memberi pelayanan terbaik, BPR juga mendekatkan diri secara personal pada para nasabah selayaknya seperti keluarga. Ia mencontohkan, BPR Bekonang Sukoharjo yang dia pimpin punya banyak nasabah setia yang bertahan lebih dari sepuluh tahun hingga sekarang.
“Pembiayaan yang disalurkan BPR tetap tumbuh di tengah persaingan dengan bank umum,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger