UNIBA Solo Pemberdayaan Pengrajin Batik

2-3

JatengOnline, Solo – Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) Surakarta mengadakan kuliah kerja pemberdayaan masyarakat pengrajin batik di Girilayu, Matesih, Karanganyar. Kegiatan ini bekerja sama dengan bidang sosial dan budaya Bapeda Karanganyar, serta diikuti oleh 7 kelompok pengrajin batik, atau kurang lebih 35 orang. Kamis (19/10/2016)

Para pengrajin mendapat pendampingan materi tentang perbatikan, pemasaran dan perilaku konsumen serta pembukuan sederhana UKM. Hasil dari pendampingan ini diharapkan institusi UNIBA Surakarta bisa menjadi lebih dekat dengan pengrajin dalam pengembangan batik.

ā€œSebagai kampus yang menyandang nama batik, UNIBA juga mempunyai wawasan tentang perbatikan dan diharapkan dapat menjawab permasalahan batik di lingkungan pengrajin batik,ā€ ungkap bapak Drs. Sri Hartono, SE, Msi selaku dekan fakultas ekonomi.

2-4

Dalam kesempatan yang sama, Dra. Hj. Istiatin, SE, MM selaku ketua panitia penyelenggara mengungkapkan bahwa tujuan dari kuliah kerja pemberdayaan masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan para pengrajin batik tentang batik.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, ketua YAPERTIB (Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik), yaitu Solichul Hadi A. Bakri, M. Erg. Beliau memberikan materi penyuluhan manajemen kualitas produk batik yang terdiri dari motif falsafah batik, batik untuk upacara tradisional jawa, pemilihan kualitas bahan, mempertahankan kualitas warna batik, menjaga kualitas obat dan cap, pencelupan dengan zat warna alami agar tidak luntur dan pencucian warna setelah dicelup. – fit

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger