Mahasiswa Fatipa Unisri Praktek Buat Tepung Mocaf

img-20161029-wa0011

Dekan Fatipa Unisri, Ahmad Mustofa, STP, MSi, memamerkan kemasan tepung mocaf, hasil praktek mahasiswa semester satu.

JatengOnline, Solo – Selama ini ubi kayu hanya dibuat menjadi tepung tapioka atau tepung kanji. Padahal ubi kayu bisa juga diolah menjadi tepung mocaf (modification cassava flour), demikian diungkapkan Dekan Fakultas Teknologi Indusri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Ahmad Mustofa, STP, MSi, di ruang kerjanya Sabtu (29/10/2016).

Berdasarkan hal itu, Fatipa Unisri, mengenalkan dan mengajarkan sejak dini pada mahasiswa semester satu, praktek membuat dan mengemas tepung mocaf, menjadi produk bernilai guna dan bernilai ekonomis.

Lebih lanjut, Ahmad Mustofa, memaparkan, tepung mocaf ini dibuat dengan proses berbeda, sehingga memiliki sifat mendekati sifat tepung terigu.

Sangat baik digunakan untuk produk pangan yang tidak membutuhkan pengembangan seperti cake, biskuit, gorengan dll.

Diharapkan diversifikasi produk berbahan ubi kayu ini, ini dapat mengurangi ketergantungan pada tepung terigu. Apalagi ketersediaan ubi singkong di Indonesia sangat mencukupi dan di tanam diberbagai daerah.

Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, sehingga mocaf saat ini sudah banyak diproduksi masyarakat dan beberapa industri pangan di Indonesia  – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger