341 Mahasiswa USB Kuliah Umum di Universitas Terbaik ke-13 Dunia

img-20161107-wa0001

JatengOnline, Solo – Sebanyak 341 mahasiswa USB program reguler angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 mengikuti program Kuliah Umum Internasional atau yang biasa disebut Overseas Stadium Generale (OSG) di Nanyang Technology University (NTU) Singapore, Jumat (4/11). Mereka terdiri dari mahasiswa program D-III Anafarma sebanyak 19 mahasiswa, D-III Farmasi sebanyak 53 mahasiswa, dan S1 Farmasi sebanyak 269 mahasiswa.

Hal yang berbeda dari OSG tahun ini adalah pemberangkatan semua peserta dari Bandara Internasional Adi Sumarmo, dengan menumpang Pesawat Garuda menggunakan sistem carter. Hal tersebut merupakan hasil kerjasama antara USB dengan pihak Garuda, sehingga semua peserta bisa berangkat secara serentak dari Solo langsung ke Singapore, tanpa harus transit di Jakarta, dengan menggunakan pesawat jumbo yang biasa digunakan untuk pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia.

Program OSG ini sendiri merupakan salah satu program dari Yayasan Pendidikan Setia Budi (YPSB), sebagai tindak lanjut dari program Laptop Gratis. Program Laptop Gratis sendiri sudah memasuki tahun yang kedelapan, dimana semua mahasiswa yang sudah memasuki semester 2 akan mendapatkan Laptop Gratis dari YPSB. Sementara untuk Program OSG yang diikuti oleh semua mahasiswa semester 4 dan 5 ini sudah memasuki tahun ke 4 dan saat ini adalah Batch yang ke delapan. Sampai dengan Bulan November 2016, USB telah memberangkatkan sebanyak 1863 mahasiswa.

Dalam program ini mahasiswa tidak dipungut biaya apapun, dan hanya diharuskan membuat paspor masing-masing. Sementara untuk biaya transportasi dan akomodasi selama di Singapore sudah ditanggung oleh pihak USB.

img-20161107-wa0002

Kegiatan utama dalam kegiatan OSG ini adalah Kuliah Umum Internasional di NTU. NTU sendiri saat ini menjadi Universitas Terbaik ke-13 di dunia. Pada OSG saat ini, USB mendapatkan respon dari Atase Pendidikan Indonesia di Singapore, Prof. Dr. Aisyah Endah Palupi yang memberikan gambaran perkembangan dan kebijakan pendidikan di Singapore.

Selain itu mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan sharing pengalaman dari Perwakilan PINTU (Pelajar Indonesia Nanyang Technology University), Samuel Juan Prasetya yang menceritakan tentang kehidupan akademis di Singapore, terutama di Kampus NTU.

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., mengungkapkan, selain mengikuti kuliah umum di NTU, mahasiswa juga berkesempatan mengunjungi Marinna Barrage. Di tempat tersebut mahasiswa bisa melihat bagaimana Singapore bisa mengendalikan supply air dan mengendalikan banjir. WR III menambahkan, tujuan dari program OSG ini adalah untuk memberi wawasan, pembekalan, dan meningkatkan kompetisi mahasiswa USB seiring dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Diharapkan, dengan mengikuti program OSG ini mahasiswa bisa lebih berkompetisi di regional, baik dalam ilmu pengetahuan maupun dunia kerja. Terlebih diharapkan, ke depan ada kerjasama yang konkrit antara USB dengan institusi pendidikan di Singapore. – tik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger