PHBI Unisri Gelar Pengajian Pendidikan Inklusif

11

JatengOnline, Solo – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, bertempat di Ruang Sidang Rektorat, Sabtu (12/11/2016) menggelar pengajian mengangkat tema: Menumbuhkan Nilai-Nilai Humanisme Melalui Implementasi Pendidikan Inklusif Berbasis Syariah, menghadirkan narasumber Direktur Fataha Education Training Center, Ustadz Imam Subkhan.

Ketua PHBI Unisri, Suharno, menjelaskan pengajian merupakan agenda rutin bulanan yang pelaksananya bergantian digilir dari 6 fakultas, pasca sarjana dan Rektorat. Tujuan pengajian untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang diimplementasikan dalam aktivitas keseharian baik sebagai pimpinan, staf pengajar, tenaga kependidikan maupun sebagai mahasiswa.

Tema-tema yang diangkat tidak hanya berupa ibadah mahdhah yang terkait dengan ritual, seperti berwudhu, tayamun, sholat, puasa, haji dan umroh, namun juga membahas kegiatan ibadah yang bertalian dengan muamalah yaitu kegiatan keseharian yang berinteraksi dengan sesama.

Dalam paparannya, Imam Subkhan, menjelaskan arti penting pendidikan kepada anak dan anak didik yang humanis dan tidak membeda-bedakan baik kepada anak yang normal, maupun berkebutuhan khusus, sebagaimana diajarkan dalam agama Islam yang bersumber dari Al Quran maupun Hadist.

“Pada dasarnya semua anak adalah cerdas dan memiliki keunikan sendiri-sendiri, sehingga pendidik, termasuk orang tua dalam melakukan proses pendidikan dan pembelajaran tidak boleh disama ratakan. Kita harus mampu merancang strategi pembelajaran, kurikulum, dan sarana pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan kebutuhan setiap peserta didik “ ungkapnya. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger