Jutaan Peluang Usaha Di Depan Mata

img-20161116-wa0005

JatengOnline, Solo – Siapkan bekal ketrampilan dan kewirausahaan saat masih menjadi karyawan. Syukur saat masih bekerja sudah merintis usaha sampingan. Agar saat purna tugas, jangan purna segala-galanya. Demikian diungkapkan Direktur Amalia Consulting, saat tampil dalam Bisnis Corner Produa RRI Surakarta, Selasa malam (15/11/2016).

Lebih lanjut, Suharno yang juga dosen prodi Akuntansi Unisri, memaparkan ada jutaan peluang usaha di depan mata. Asal ada kemauan pasti ada jalan.

“Menjadi karyawan, modal awal yang baik menjadi wirausahawan. Selama ikut orang jangan hanya bekerja rutinitas. Tapi pelajari seluk beluk pengelolaan bisnis, sehingga waktu purna tugas atau memutuskan resign kita sudah siap mandiri ” tuturnya.

Disarankan saat memulai usaha untuk tidak menggunakan modal pinjaman dari lembaga keuangan. Namun menggunakan dana sendiri. Lebih aman lagi bila memulai usaha tidak menggunakan modal finansial, namun menggunakan modal sosial.

“Contoh kita menjual jasa, menjualkan produk teman. Barang dibawa dulu, laku baru disetorkan. Cara menjual bisa kita tawarkan langsung ke teman, bisa juga melalui media on line ” saran Suharno yang juga pengurus IMAS chapter Soloraya.

Dari mana kita dapatkan ide bisnis ? Suharno, membagikan kiat, ide bisnis bisa dari hoby, bisa dari keahlian atau ketrampilan, membaca buku dan membaca situasi, atau berselancar di internet.

Diakhir talkshow, Suharno, berpesan, jangan lekas puas dan bangga terhadap bisnis yang dikelola sebelum 5 tahun, karena usaha masih rentan, khususnya yang berbasis IT, product life cycle sangat pendek. Agar tetap bertahan dan berkembang pelaku bisnis harus kreatif kembangkan inovasi produk dan inovasi pemasaran. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger