Angkara Bakal Cilaka, Nandur Bakal Ngundhuh

2-anoman-obong

Ketoprak Seniman Muda Surakarta Angkat Lakon Wayang ANOMAN OBONG.

JatengOnline, Solo – Ketoprak salah satu bentuk kesenian rakyat yang paling luwes mengikuti perkembangan jaman. Hal ini akan dibuktikan Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), pada pentas besok malam, Sabtu (19/11/2016), bertempat di Taman Balekambang, Solo, akan mengangkat lakok istimewa “ Kera Sakti Anoman Obong “.

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, pemilihan lakon tersebut memang disengaja, agar ketoprak tetap eksis dan digemari masyarakat.

“Biasanya ketoprak mengangkat lakon lagenda, mithos atau sejarah. Kami sengaja ingin mementaskan lakon yang tidak biasa, bersumber kisah Ramayana, yaitu Anoman Obong. Lakon ini biasanya dimainkan pada pagelaran wayang orang atau wayang kulit “ ungkap Tatak.

Sutradara pementasan, Eko Sutarno, menjelaskan memang tidak gampang mementaskan format wayang ke dalam ketoprak, karena masyarakat sangat hafal dan mengenal kisah ini. Tidak menutup kemungkinan, terasa asing saat melihat penampilan Rama, Shinta, Dasamuka, Anoman yang biasa mereka lihat dalam kostum wayang, tiba-tiba saat digarap versi ketoprak, berkostum dan berperilaku berbeda dari yang pernah dilihatnya “ papar Eko Sutarno, yang merupakan sutradara senior KSMS.

Namun, Eko Sutarno, menjanjikan pentas kali ini akan digarap semenarik dan sekreatif mungkin, sehingga penonton tidak jenuh, bahkan bisa terhibur mulai awal pertunjukkan hingga akhir pertunjukan yang diperkirakan berlangsung selama 2,5 jam pementasan.

Tontonan ini sangat cocok untuk hiburan keluarga, penuh dengan pesan moral dan budi pekerti, memadukan unsur humor, perang dan konflik antar tokoh yang sangat mengharu biru perasaan penonton, tatkala Dewi Shinto diculik prabu Dasamuka, dan Anoman membakar kerajaan Alengka.

“Pesan moral dari kisah ini wong salah bakal seleh, wong angkoro bakal ciloko, wong nandhur bakal ngunduh. Silahkan hadir di taman Balekambang, HTM sangat terjangkau hanya Rp 10 ribu “ harap Eko Sutarno. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger