Lakon Anoman Obong Laku Keras

img-20161120-wa0000

JatengOnline, Solo – Pentas Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), angkat lakon Anoman Obong, Sabtu (19/11/2016) malam, bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang, mendulang sukses.

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, sangat senang terhadap peningkatan jumlah penonton yang signifikan.

“Alhamdulillah malam ini penonton sekitar 300 orang, yang biasanya puluhan orang. Ini membuktikan masyarakat masih mencintai budaya sendiri, khususnya ketoprak ” tuturnya.

Peningkatan penonton ini, tidak lepas dari upaya KSMS melakukan terobosan dalam garap lakon dan publikasi.

Misalnya pentas semalam angkat lakon Anoman Obong yang biasanya dipentaskan untuk lakon wayang. Serta sajian bisa dinikmati semua keluarga yang sarat muatan pesan moral dan budi pekerti.

Untuk menjaring penonton dari kalangan muda, publikasi gencar dan masif, dilakukan melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Upaya itu tidak sia-sia. Terlihat di deretan penonton, satu keluarga bapak, ibu dan anak menyaksikan.

Supriyadi, berprofesi sebagai wirausaha, menyaksikan bersama istri dan kedua putranya, Daffa kelas VII SMP dan Galih kelas V SD.

“Sejak TK anak-anak sering kami ajak nonton wayang dan ketoprak. Untuk ikut nguru-uri kabudayan dan mengenalkan nilai-nilai budaya dan nilai baik-buruk pada anak ” papar Supriyadi.

Lebih lanjut, Supriyadi, mengapresiasi keberanian KSMS dalam berkreasi.

“Terobosan bagus lakon wayang orang dengan format ketoprak. Tapi agak ngganjel pelawak Bogang cs tidak sebagai punokawan seperti di pentas wayang penonton. Penonton lumayan penuh, sayang AC dan kipas angin tidak dihidupkan, sehingga seperti diobong, persis lakon malam ini Anoman Obong ” ungkap, Supriyadi, warga Gonilan, Sukoharjo ini sembari memberi masukkan. – arn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger