Ormas Solo Raya Siap Jaga Kerukunan Umat Beragama

dscf3002

JatengOnline, Solo – Sekitar 126 orang peserta dari unsur Ormas Bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Soloraya mengikuti acara Temu Ormas dan Dialog Publik yang digagas oleh Jaringan Lingkar Nusantara mengangkat tema “Menjaga Kebersamaan Di Tengah Keberagaman”. Bertempat di RM Dapur Ndeso Nogiri Mangkubumen Solo. Minggu (20/11/2016).

Undangan yang hadir di acara tersebut merupakan Perwakilan Ormas seperti Nahdlatul Ulama’, Muhammadiyah, Front Pembela Islam (FPI), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII, Shollehudin, MA ( Ahmadiyah ), Aktifis Kristen, Aktifis Katholik serta Mahasiswa dan Pelajar.

Sementara Tokoh yang Hadir diantaranya Nyai Idris Sofawi ( Ketua Muslimat NU solo), Muh Anwar ( Ketua Ansor Solo ), Syamsul Arifin ( Kasatkorcab Banser Solo ), Farid Asegaf ( Komunitas Hadrimi Solo ), Danar ( Badan Narkotika Kabupaten Sukoharjo ), Agus Tursilo ( Sekretaris KNPI Sukoharjo ), Wildan Wahyu Nugroho ( BEM UNS ), Dwi Santoso ( BEM UNU ) dan Slamet Riyadi ( Ketua SBSI Sukoharjo)

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan menjelang Dhuhur tersebut berlangsung dengan aman dan lancar, masing-masing nara sumber melakukan closing statement perihal bahasan yang diangkat dalam dialog publik ini, sebelum dilakukan penutupan acara.

dscf3012
“Dalam pengalaman saya dalam mengartikan perbedaan dalam keberagaman ini saya ibaratkan dengan proses cara belajar menabuh gamelan, dibingkai dalam harmonisasi suara masing – masing komponen gamelan ini akan menjadi sebuah keindahan,” ungkap YF Sukasno.

“Mari kita jaga dan rawat keberagaman ini,” Ustadz M Syukur FPI Solo,

“Beragama dalam keberagaman tidak harus mengorbankan keyakinan kita dalam menjaga kebersamaan dan keberagaman.” Dr. KH Abdul Matin, Wakil Rois Syuriah PCNU Sukoharjo.

“Ono rembug ayo podo dirembug. Rukun agawe santoso, crah gawe bubrah.” Jaka Wuryanta, S.H, Wakil Ketua Pengurus Wilayah LDII Jawa Tengah

Acara ditutup dengan membacakan ikrar deklarasi ormas solo raya dan foto bersama peserta dialog publik.

1. Kami ormas solo raya menyatakan selalu menjaga dan menjalin kerukunan umat beragama dan berbangsa,   bangsa Indonesia.
2. Kami ormas solo raya selalu menjaga kebhinekaan sebagai pemersatu keberagaman.
3. Kami ormas solo raya siap menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia.
4. Kami ormas solo raya siap berkontribusi demi kemajuan pembangunan indonesia.
5. Kami ormas solo raya siap menjaga dan mengawal NKRI. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger