Wira Swara SMPN 8 Raih Juara II Se Surakarta

image007

Foto Bersama Pendamping Christina Endah setyowati, S.Pd.

JatengOnline, Solo – Kepala Dinas Dikpora Kota Surakarta, Etty Retnowati, SH.MH. mengadakan kegiatan lomba Seni Karawitan tingkat SMP se Kota Surakarta. Dengan tujuan melatih jiwa dan mental anak melalui kompetisi, menambah wawasan tentang seni Karawitan khususnya gending Ketawang dan Lancaran.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Nugroho, S.Pd.M.Pd. mengirimkan siswa untuk mengikuti lomba, dengan alasan memiliki sarana dan prasarana Gamelan Laras Slendro dan Pelog yang digunakan dalam kegiatan ekstra kurikuler maupun intra kurikuler.

Tujuan yang lainnya adalah mengenalkan pada masyarakat bahwa SMP Negeri 8 Surakarta yang merupakan sekolah Mantap mampu berkompetensi juga dalam bidang non akademik. Pelaksanaan lomba pada hari Sabtu,(12/11/2016) pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB yang bertempat di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta.

Peserta lomba terdiri dari 22 Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta. Dari SMP Negeri 8 mengirimkan peserta lomba karawitan 22 siswa kelas 7, 8 dan 9 terdiri dari 11 penabuh dan 11 wira swara, dengan pembina Christina Endah Setyowati, S.Pd.

Dari 22 siswa tersebut memegang ricikan yang berbeda-beda mulai dari Kendang sampai Swarawati. Dan hasilnya dari 20 SMP Negeri dan Swasta, SMP Negeri 8 Surakarta meraih juara II. Adapun kejuaraan memperoleh penghargaan berupa piala dan Piagam. Piala diberikan pada saat apel di halaman Dikpora Surakarta pada hari Selasa (15/11/2016).

Dengan adanya lomba karawitan ini membuktikan bahwa seni budaya Jawa masih digemari oleh anak-anak jaman sekarang. Semoga warisan leluhur yag berupa seni Karawitan ini tetap ada, berjalan dan berkembang. Dengan harapan akan tumbuh rasa cinta terhadap seni karawitan yang adiluhung. – sri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger