Komunitas Asal Jakarta Tampilkan Tarian Khas Solo

img-20161125-wa0008

JatengOnline, Solo – Kota Solo memang menyimpan beragam daya tarik yang tak terbantahkan. Entah itu dalam segi kuliner, pemerintahannya, perekonomiannya sampai dengan kebudayaan yang dimilikinya. Seni tari klasik khas kota batik inilah yang mampu menarik hati beberapa orang untuk membentuk sebuah kelompok seni tari jawa dengan nama Purwakanthi.

Adalah Yusi Ariani yang menjadi penggagas didirikannya kelompok seni tari ini. “ Purwakanthi ini menjadi wadah bagi kami untuk melestarikan kebudayaan Jawa terutama dibidang tari,” kata dia dalam jumpa pers kepada wartawan di Rumah Solo.Kamis (25/11/ 2016).

Bersama – sama dengan anggota lainnya yang sebagian besar ibu rumah tangga ini, Yusi akan mengadakan Langen Beksan Nemlikuran Purwakanthi, pada (Sabtu, 26/11/2016) mendatang di SMK 8 Surakarta.

“Acara ini selain sebagai unjuk kebolehan kami di depan para penggiat seni di Kota Solo, juga sebagai persembahan kami dalam melestarikan kebudayaan jawa terutama di bidang tari,” jelasnya.

Bagi Yusi, meski sebagian besar dari anggota mereka adalah ibu rumah tangga yang tidak memiliki kemampuan dasar tari namun tak menurunkan tekad mereka untuk turut serta mencintai dan melestarikan seni sani tari tradisional yang sudah mulai ditinggalkan itu.

Apalagi semenjak kehadiran Martini Brenda seorang instruktur tari Jawa lulusan jurusan Tari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mereka yakin bisa membawakan tari dengan baik.

“ Saya akui saya juga hanya ibu rumah tangga biasa namun kami tetap ingin mempersembahkan yang terbaik,” imbuhnya. – amb

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger