Menteri BUMN Resmikan Rumah Kreatif di Solo

20161211_093052

JatengOnline, Solo – Berawal dari pembicaraan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Sumarno dengan Presiden Joko Widodo untuk menaikkan kelas usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, terbentuklah Rumah Kreatif BUMN (RKB). Sebanyak 17 Rumah Kreatif BUMN (RKB) di berbagai Kota di Indonesia pun akhirnya diresmikan pada hari Minggu (11/12/2016). Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM.

Program ini dikerjakan bersama-sama oleh perusahaan-perusahaan BUMN. Konsep RKB terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu ruang registrasi, ruang konsultasi, dan display untuk memamerkan produk UMKM. Selain itu, RKB juga terhubung ke internet cepat untuk mengakses perpustakaan digital yang menyediakan buku-buku terbitan Balai Pustaka.

20161211_094555

Pelaku UMKM binaan RKB bisa memasarkan produk melalui infrastruktur e-commerce yang dibangun PT Telkom yaitu blanja.com. Namun penyangga utama RKB adalah BUMN di sektor perbankan. Total 17 RKB kali ini merupakan binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Menteri Rini mengatakan, “Salah satu masalah yang paling sering menjadi kendala adalah akses permodalan. Kehadiran RKB diharap dapat meningkatkan taraf pelaku UMKM melalui pelatihan, konsultasi, akses e-commerce, dan permodalan,”

20161211_092758

Sejauh ini terdapat 100 RKB yang tesebar di kabupaten atau kota di seluruh Indonesia yang dibina oleh bank-bank BUMN. Kementerian BUMN menargetkan, RKB sudah beroperasi di seluruh kabupaten atau kota di Indonesia akhir 2017. (rum)


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger