Jelang Natal dan Tahun Baru, Disperindag Gelar Sidak

JATENGONLINE, SOLO – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo melakukan investigasi mendadak (sidak) menyasar beberapa pasar tradisional pada hari Kamis (14/12). Latar belakang sidak ini untuk mengantisipasi lonjakan harga komoditas menjelang perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Ketua Pelaksana Sidak dan juga Kasi Perdagangan Luar Negeri Disperindag Solo, Endang Kurnia Maharani mengatakan, “Sidak bertujuan memonitor perkembangan harga. Sekaligus untuk melihat pasokan barang jelang perayaan Natal dan Tahun Baru,”

Hasil sidak di Pasar Gede dan Pasar Legi ini nenghasilkan kesimpulan bahwa rata-rata komoditas kebutuhan pokok masih relatif normal. Meski demikian, masih ditemukan beberapa komoditas yang harganya tinggi. Pihaknya menilai, tingginya harga beberapa komoditas masih wajar akibat permintaan meningkat menjelang perayaan.

Harga komoditas yang masih tinggi yaitu telur dan cabe rawit. Harga cabe rawit merah dan tampar sekitar Rp 52.000 per kg. Sedangkan harga telur naik menjadi Rp 19.000 per kg. Sedangkan cabe rawit merah keriting justru turun hingga Rp 47.000 per kg.

Dalam sidak kali ini dipastikan tidak terjadi pelanggaran. Keresahan masyarakat akan adanya bawang merah impor tidak ditemui. Ke depan, untuk menjaga pasokan barang dan menstabilkan harga, pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti agen dan distributor. (rum)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress