BI Solo Umumkan Desain Mata Uang Rupiah NKRI

20161219_095652

JATENGONLINE, SOLO – Tepat pada hari Senin (19/12/2016) Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo menggelar agenda Pengeluaran Uang Logam dan Uang Kertas Emisi Tahun 2016. Kegiatan ini termasuk bagian dari Peluncuran Mata Uang Rupiah desain baru yang disebut Mata Uang NKRI yang dilaksanakan serentak se-Indonesia.

Dalam paparannya, Kepala BI KPw Solo Bandoe Widiarto menjelaskan, secara nasional Bank Indonesia bersama pemerintah menerbitkan desain uang baru. Terdiri dari 7 pecahan uang kertas dari Rp 100 ribu sampai Rp 1000, dan 4 pecahan uang logam dari Rp 1000 hingga Rp 100.

Sementara itu, Wakil Kepala BI KPw Solo, Muhammad Taufik mengatakan, “Peluncuran dipusatkan di Jakarta hari ini dan dihadiri Presiden Joko Widodo karena ini momen spesial. Uang yang baru diterbitkan ini sekarang namanya uang NKRI. Karena kalau dulu hanya Gubernur BI yang menandatangani, sekarang juga Menteri Keuangan mewakili Pemerintah,”

Sebelum penjelasan desain, didahului live video streaming di seluruh Kantor Perwakilan BI seluruh Indonesia termasuk Solo, untuk melihat peluncuran mata uang NKRI. Hadir pula perwakilan dari perbankan, mahasiswa, komponen masyarakat dan pihak terkait lain.

Mata uang NKRI dengan desain baru tersebut secara efektif resmi berlaku hari ini. Meski demikian, pihaknya mengingatkan bahwa uang yang lama masih berlaku. Sementara untuk penukaran uang lama dengan yang baru sudah bisa dilayani. (rum)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger