HIMKI Solo Tingkatkan Kerjasama Luar Negeri

20161219_181131

JATENGONLINE, SOLO – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Eks Karesidenan Surakarta melakukan kunjungan ke Lunjiao, Lecong, dan Leeliau China selama lima hari (7-11/12) lalu untuk meningkatkan industri furnitur dalam negeri.

Ketua DPD Hipmi eks karesidenan Surakarta, Adi Dharma Santoso mengatakan, “Pengusaha furnitur dan mebel di Eks karesidenan Surakarta sebagian besar merupakan Industri Kecil Menengah. Mereka masih minim informasi tentang peralatan hingga koneksi. Akibatnya kurang punya daya saing di kancah internasional,”

Bersama dengan DPD dari beberapa daerah lain di Indonesia, mereka menghadiri Pameran Woodworking and Machinery di Lunjiau, China dan beberapa sentra mebel lain. Kawasan Lunjiau merupakan pusat pembuat mesin perkayuan hingga mesin-mesin yang up to date sesuai kebutuhan pasar.

Kunjungan pameran ini diharap membuka wawasan para peserta sehingga bisa mengambil manfaat agar industri mebel Indonesia tidak tertinggal dari luar negeri. Terlebih dalam mengembangkan usahanya, IKM terkendala harga mesin di Indonesia yang tidak terjangkau. Bila membeli mesin dari tangan kedua atau ketiga harga jauh lebih mahal dibanding impor langsung.

20161219_181044

Himki menjembatani hal tersebut, melalui kerjasama dengan asosiasi mesin perkayuan dari Lunjiau. Dalam hal alih teknologi dan penyediaan mesin-mesin yang sesuai kebutuhan serta servis pasca penjualan.

Himki juga menandatangani kesepakatan bersama antar asosiasi di Lecong, China. Di antaranya saling tukar informasi, market bersama, dan lain-lain. Himki juga melakukan negosiasi untuk tindak lanjut dengan asosiasi perangkat dan aksesoris tambahan furnitur dari Leeliu, China.

Direktur Eksekutif Himki Eks Karesidenan Surakarta, Agus Riyanto menambahkan, “Dengan ini kami bisa saling menunjang untuk kebutuhan fitting dan hardware dengan kualitas dan harga yang terjangkau,”

Pihaknya berharap pemerintah bisa membantu dengan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Sehingga efisiensi biaya bisa lebih terjangkau serta mendorong produktivitas lebih cepat. (rum)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger