Mangrove Jadi Andalan Pewarna Batik

Forum Komunikasi Masyarakat (FKM)
L1, CILACAP – Menjelang akhir tahun 2016, Holcim Indonesia menggelar Forum Komunikasi Masyarakat (FKM) tingkat Kabupaten,22/12/2016. Hadir dalam acara ini Bupati Cilacap yang diwakili oleh Kepala BLH ,Ajar Mugiono , Camat, Lurah , Kepala Dinas , Tokoh Masyarakat & Agama, Media, General Manager Holcim Indonesia.

Dalam forum ini , managemen Holcim Indonesia melaporkan berbagai kegiatan atau program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilaksanakan selama tahun 2016. “Ini merupakan bentuk keterbukaan atau transparansi dalam kegiatan CSR kepada stakeholders kami,” ungkap Kusdiharta , Manager Community Relations Holcim Indonesia.

Selama tahun 2016 berbagai capaian yang telah dirasakan masyarakat luas diantaranya pembangunan jalan beton sepanjang 1.928 meter , 50 pembangunan dan renovasi tempat ibadah, 1200 paket beasiswa , plesterisasi 29 rumah , 39 renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), penghijaun dengan 1255 pohon dan mempersembahkan 1,2 hektar Ruang Terbuka Hijau Taman Damar Asri dan merintis pemanfaatan mangrove untuk pewarna batik.Dengan bergulirnya program CSR ini , Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 89,7%

“Kami sangat bangga dengan masyarakat Cilacap, 93% responden menyatakan penyusunan program CSR telah melibatkan masyarakat dan pemerintah, ini akan terus kami pertahankan,” tegasnya.

img_9481Potensi Mangrove
Holcim Indonesia terus melakukan terobosan dalam program CSR, salah satunya dengan mengembangkan pewarna alami untuk industri batik. “ tim kami telah melatih 15 orang warga Kutawaru untuk program ini, dan optimis batik dengan pewarna alami akan digemari” harapnya

Bukan tanpa alasan mengapa pewarna alami batik dari pohon mangrove merupakan potensi yang sangat besar di Cilacap, hal ini didukung dengan banyaknya industri batik serta melimpahnya pohon mangrove di perairan Cilacap dimana ada 9 jenis mangrove dominan yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pewarna alami batik. Adanya program ini akan dibarengi dengan terbukanya peluang kerja bagi masyarakat. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger