Ganep, Tak Hanya Jual Roti juga Gencar Mengedukasi

20161222_113556

JATENGONLINE, SOLO – Cecilia Maria Purnadi adalah sosok pemilik Toko Roti Ganep generasi ke 5. Wanita yang kerap disapa Oeke ini telah sukses mengkreasikan roti khas Kota Solo terutama roti kecik menjadi salah satu kekayaan budaya lokal. Terlebih Sinuhun Paku Buwono X sendirilah yang memberikan nama “Ganep” yang berarti lengkap, utuh, sehat sebagai nama usaha dagang toko roti ini.

Mulai tahun 1991 Oeke mulai menghandle Toko Roti Ganep. Namun semangat dalam bidang edukasi dalam dirinya sebagai guru lulusan IKIP Sanata Darma masih menyala. Di samping itu, dirinya melihat betapa cepat dinamika kota Solo ini. Gabungan keinginan mengedukasi dan rasa cinta kota ternyata tak hanya tertuang dalam produk roti. Namun wanita dengan rambut pendek ini menelurkan ide untuk membuat satu program yang mengkolaborasikan ketiganya.

“Saya ingin membawa anak-anak mengikuti city tour agar mengenal kotanya sendiri. Sebab selalu ada hal baru di kota yang terus berkembang ini. Saya mulai merealisasikan ide sejak tahun 2002 dengan agenda baking class. Lalu mulai 2012 berkembang menjadi mlampah-mlampah. Ttidak hanya belajar membuat kue saja tapi juga mengunjungi beberapa objek menarik di kota Solo,” paparnya.

Dirinya mengamati, banyak yang harus dikenalkan kepada anak-anak tentang kota Solo terutama budaya. Pihaknya ingin mengedukasi anak-anak sejak dini secara rekreatif dan menyenangkan. Sehingga anak-anak akan terkesan akan pengalaman mengunjungi suatu tempat dan melakukan aktivitas yang bermanfaat. Agar bertambah pengetahuan mereka tentang kesehatan, budaya, edukasi, dan bahkan pernah membuat agenda bertema wisata religi.

Oeke merasa gembira karena ternyata program di luar produksi roti dan kue juga mendapat sambutan baik dari masyarakat. Seperti baking class, mlampah-mlampah, donor darah, yoga, dan masih banyak lagi.

“Harapannya, program yang digelar oleh Ganep juga didukung banyak pihak. Kami ingin mengajak para pengusaha lain juga peduli pendidikan anak-anak dan masyarakat Solo. Sehingva para pengusaha lain tergerak untuk melakukan program serupa,” pungkasnya. (rum)


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger