Lomba Hadroh UKMI UNIBA Surakarta

JATENGONLINE, SOLO – Dalam memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW, Unit kegiatan mahasiswa (UKM) UKMI Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menyelenggarakan lomba Hadroh untuk tingkat SMA/SMK/MA dan pondok Pesantren Se-Eks karesidenan Surakarta, pada hari sabtu 17 desember 2016.

“Ada 7 tim yang yang mengikuti lomba tersebut. Tiap tiap tim terdiri dari 10 peserta” Jelas Muhamad Nurul Yakin sebagai Ketua panitia lomba.

Muhamad juga menjelaskan, perlombaan ini baru pertama kali kami selenggarakan, Lomba Hadrah dimaksudkan untuk melestarikan kesenian-kesenian Islami yang ada di masyarakat dan acara ini juga untuk memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW. Kesenian hadrah merupakan salah satu bentuk akulturasi kesenian lokal dan Islam yang telah lama eksis di tengah masyarakat.

“Hadrah tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sebagai bentuk syiar agama Islam. Nilai-nilai Islam, sejatinya tidak hanya nampak dalam kegiatan peribadatan semata. Lebih dari itu, nilai Islam juga dapat ditemukan dalam kesenian yang tumbuh di wilayah nusantara, yang terus dilestarikan hingga kini”, ungkap ketua panitia yang juga mahasiswa semester tiga fakultas hukum ini.

Pada perlombaan tersebut, tim tim diperbolehkan membawa alat musik yang mereka miliki. Pada akhir acara perlombaan hadroh ini dimenangkan oleh SMA Al-Muayayad Surakarta (pemain putri), juara kedua diraih oleh Pondok Pesantren Takmirul Islam Surakarta dan juara ketiga di raih oleh SMA Al-Muayyad Surakarta (pemain putra). (fit)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress