Rute Solo – Kuala Lumpur Dibuka Lagi

JATENGONLINE, SOLO – Berat bagi Pemkot Surakarta untuk mendatangkan wisatawan manca negara yang ditargetkan berjumlah sekitar 117.000 wisman di 2017. Jumlah itu tiga kali lipat dari realisasi tahun lalu yang hanya sekitar 37.000 wisatawan.

Ada sejumlah kendala untuk merealisasikan target kunjungan wisman sebanyak itu. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budi Sartono mengatakan, kunjungan wisatawan manca negara terkait penerbangan internasional di sebuah bandara.

Bandara Internasional Adi Soemarmo hanya melayani satu rute penerbangan, yakni ke Jeddah (Arab Saudi), itu pun hanya untuk melayani melayani ibadah umrah para jamaah. Sementara rute ke Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia) sudah lama ditutup.

“Berdasarkan RPJM, sebenarnya target kami di 2017 hanya 44.000 wisman, sedang wisatawan domestik 4.706.000 sehingga total 4.750.000 wisatawan. Namun karena Kementerian Pariwisata menargetkan 117.000 wisatawan mancanegara di Solo, ya harus tetap kita laksanakan,” kata Budi ketika ditemui di bandara Solo, Senin (16/1/2016).

Lantaran rute penerbangan internasional di Solo sangat minim, maka untuk mencapai target kunjungan wisata mancanegara sebanyak 117.000 wisman sulit diwujudkan kalau dihitung dari wisatawan yang turun dari pesawat.

Menurut Budi, kalau target itu mau tercapai, mestinya dihitung dari akomodasi yang digunakan. Seperti, hotel yang digunakan, destinasi wisata yang dikunjungi, atau transpotasi yang digunakan.

“Untuk mencapai target kunjungan wisata, kita perlu menggenjot promosi dan menggandeng berbagai pihak, terutama pelaku bisnis pariwisata. Untuk kunjungan wisatawan mancanegara, kita koordinasi dengan Kementerian Pariwisata,” jelasnya.

Sementara itu, mulai Selasa (17/1/2017), rute Solo-Kuala Lumpur dibuka kembali, setelah cukup lama berhenti terbang. Penerbangan dari Solo ke Negeri Jiran itu dilayani oleh maskapai penerbangan Air Asia.

Ditambahkan Dian Ratih, Humas Bandara Adi Sumarmo, rencananya seminggu tiga kali tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, pukul 15.00 WIB, penerbangan menggunakan pesawat A 320. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger