Rudy Sidak Wayang Orang Sriwedari

JATENGONLINE, SOLO – Bila hari biasa penonton Wayang Orang Sriwedari hanya puluhan orang, namun bila malam Minggu penonton penuh. Seperti pertunjukan malam ini, Sabtu (14/1) seluruh kursi klas vip, reguler, sampai balkon yang berjumlah 750 kursi dipenuhi penonton.

Tidak hanya orang tua, penonton justru didominasi kawula muda. Tidak hanya dari Solo, tetapi juga dari luar kota seperti Jakarta, Kebumen, Yogya, Kediri dan Lamongan.

Tanpa diduga sekitar pukul 21, saat pertunjukan lakon Bagong Dadi Ratu, Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo, melakukan sidak. Walikota tidak duduk dijajaran kursi VIP, tetapi langsung menuju di belakang panggung, dan ruang rias menemui para pemain dan crew.

Kehadiran Walikota yang akrab dipanggil pak Rudy, benar-benar spontanitas. Kepala Dinas Kebudayaan, Sis Ismiyati pun, yang tengah memantau pertunjukkan, awalnya tidak tahu bila Walikota hadir.

Kehadiran Walikota disambut gembira dan hangat oleh para pemain dan crew. Kehadirannya memberikan support kepada para pemain.

Walikota menyatakan akan membangunkan gedung wayang orang yang representatif, serta melengkapi sarana dan prasarana. Lomba desain gedung masih dalam proses.

“Sementara ini yang bisa kita realisasikan pembangunan masjid raya dulu,” ungkap Walikota.

Sementara itu, Sis Ismiyati, gencar mengajak masyarakat Solo untuk kembali mencintai pertunjukkan wayang orang.

“Secara bertahap kami lakukan pembenahan-pembenahan agar wayang kembali dicintai dan digemari,” ungkapnya. (arn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger