LPPM UNIBA Workshop Pembuatan Road Map Penelitian

JATENGONLINE, SOLO – Universitas Islam batik (UNIBA) Surakarta sebagai salah satu perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian dan pengembangan kepada masyarakat.

Meskipun kegiatan utamanya yaitu melaksanakan pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIBA Surakarta mengadakan acara Sosialisasi Program kerja LPPM 2017 dan penyusunan Road Map Penelitian dan Pengabdian UNIBA, dengan tema “Arah Kebijakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Acara diselenggarakan pada Kamis (19/1/2017).

Acara berlangsung mulai pukul 08.00 s/d 16.00 Wib diruang rapat kampus UNIBA. Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. H. Hari Purnomo, MT dan Dr. Suliswiyadi, M.Ag. Kegiatan ini diadakan dengan maksud mengingatkan kembali kewajiban dosen untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang penelitian. Dosen diwajibkan untuk melakukan peneiltian sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS. selaku Rektor UNIBA saat membuka acara.

Kegiatan diawali pemaparan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. H. Hari Purnomo, MT beliau berbicara banyak tentang kebijakan penelitian, pengabdian masyarakat yang ada di UNIBA. Prof. Hari juga memaparkarkan cara membuat Road map penelitian untuk dosen. Agar penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen terarah maka sangat diperlukan peta jalan (road map).

“Road map yang baik hendaknya mencerminkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah, sedang dan akan dilakukan, serta berujung pada produk-produk yang diprediksi dapat mengatasi permasalahan yang akan diselesaikan,” paparnya.

Penelitian dan pengabdian masyarakat harus dilakukan secara profesional dan mengacu kepada sistem penjaminan mutu penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada sesi akhir kegiatan para dosen diminta untuk membuat simulasi Road map penelitian, diharapkan agar seluruh dosen yang mengikuti workshop tersebut mampu untuk membuat road map penelitian. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger