Hujan, Grebeg Sudiro Tetap Meriah

JATENGONLINE, SOLO – Karnaval Budaya Grebeg Sudiro 2017, agenda rutin Kelurahan Sudiroprajan yang masuk agenda even kota Solo ini telah memasuki tahun kesepuluh, digelar untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2568/2017 di Kota Solo.

Meskipun dibawah guyuran hujan, peserta dan penonton pun tak beringsut dari tempat acara, hingga selesai

Kirab ini mengarak 14 jodang yang berisi potensi kuliner khas Kelurahan Sudiroprajan, seperti kue kranjang, janggelut, gembukan, onde-onde, bakpao, dan lainnya. Edisi kali ini, jodang utama akan berbentuk Tugu Jam Pasar Gede dan Pagoda Horyuji.

“Bentuk jodang utama menyimbolkan pluralisme dan perpaduan tradisi antara Jawa dan Tionghoa yang ada di Kelurahan Sudiroprajan,” jelas Ketua Panitia Grebeg Sudiro 2017, Wahyu Sugiarto, disela pemberangkatan karnaval, di kawasan Pasar Gede. Minggu (22/1/2017).

Ketua Panitia Grebeg Sudiro 2017, Wahyu Sugiarto, sambutan  pemberangkatan karnaval. Minggu (22/1/2017)

Ketua Panitia Grebeg Sudiro 2017, Wahyu Sugiarto, sambutan pemberangkatan karnaval. Minggu (22/1/2017)

Di tiap tahunnya, tambah Wahyu, Karnaval Budaya Grebeg selalu menampilkan semangat kebhinekaan. “Kali ini semangat kebhinekaan makin diperkuat dari sisi kostum,” imbuh Angga Indrawan , Wakil Panitia Karnaval Budaya Grebeg Sudiro 2017.

Karnaval Budaya ini juga menampilkan berbagai kesenian antara lain reog, barongsai, dan Tari Misteri Gunung Bibi (ditampilkan oleh kelompok tari asal Boyolali), serta arak-arakan 12 shio. Karnaval Budaya Grebeg Sudiro 2017 diikuti 50 peserta mayoritas berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Surakarta.

Karnaval Budaya Grebeg Sudiro 2017 diberangkatkan oleh Walikota Solo FX Hadi Ruyatmo dari depan Pasar Gede pada jam 14.00 WIB. Rombongan kirab kemudian berjalan ke Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Mayor Sunaryo-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. R.E. Martadinata-Jl. Cut Nyak Dien-Jl. Ir. Juanda-Jl. Urip Sumoharjo.

Setelah sampai di titik finish, ke-14 jodang bakalan direbutkan oleh warga. Panitia juga akan membagi 4.000 kue keranjang dari Lantai 2 Pasar Buah Pasar Gede. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger