Lokakarya Peninjauan Pengembangan Kurikulum Pasca Sarjana UNIBA Solo

JATENGONLINE, SOLO – Dinamika pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia mengharuskan secara berkala dilakukan telaah ulang kurikulum yang akan dievaluasi pada saat akreditasi program studi.

Humas UNIBA Surakarta, Fithri Setya Marwati, SE, MM mengatakan, salah satu manfaat redesain kurikulum tersebut adalah selalu mengikuti perkembangan pengetahuan dan trend kebutuhan yang sedang berkembang.

Lokakarya peninjauan kembali kurikulum program pascasarjana program studi manajemen (magister sains), lanjut Fithri, perlu dilakukan dalam rangka untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang berfokus pada capaian pembelajaran atau kompetensi lulusan, perbaikan strategi atau metode pembelajaran dan bagaimana proses penilaian dan evaluasi pembelajaran dilakukan.

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 19, bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Mengacu pada Kepmendiknas 232/U/2000 pasal 1 ayat 6, bahwa kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi.

Pasal 35 ayat 2 UU Dikti 12/2012 tentang Kurikulum menyatakan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan ooleh setiap perguruian tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap program studi yang mencakup pengenbangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keteramnpilan.

Pada hari Kamis (9/2/2017), bertempat di Ruang Rapat Kampus Universita Islam Batik (UNIBA) Surakarta, Program Pascasarjana UNIBA melangsungkan Lokakarya Peninjauan dan Pengembangan Kurikulum dengan tema “Desain Kurikulum Program Studi Manajemen (Magister Sains) Sesuai Perkembangan Ilmu dan Keburtuhan Masyarakat”.

“Lokakarya ini mengundang narasumber Prof. Hari Purnomo, MT dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.” terang Fithri.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UNIBA Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS, Dr. Pramono Hadi MP sebagai Wakil Rektor I , Anita Wijayanti, SE, MM, Akt, CA sebagai Wakil Rektor II, Suharno, SH, MH sebagai Wakil Rektor III, Dr. Supawi Pawenang, SE, MM sebagai Wakil Rektor IV, Direktur Pascasarjana Dr. H. Bambang Mursito, MM, Para Dosen Pengajar Program Pascasarjana, Mitra kerja dan para alumni.

Direktur Pascasarjana Dr. H. Bambang Mursito mengungkapkan bahwa kegiatan lokakarya peninjauan dan pengembangan kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan menyempurakan mutu tesis produktivitas, kesejahteraan masyarakat. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress