Unisri Selenggarakan LKMM Tingkat Dasar

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) tingkat Dasar, bertempat di Hotel Pondok Sari II, Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, selama tiga hari, Jumat sd Minggu, 17-19 februari 2017.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang III, Drs. Sutoyo, M.Pd, mengharapkan agar para pengurus ormawa dilingkungan Unisri mampu mengelola program dan kegiatan yang telah diagendakan secara efisien dan efektif.

Beliau berharap pasca pelatihan ketrampilan, peserta dapat menerapkan ilmunya, dalam berorganisasi di kampus, maupun di luar kampus, sekaligus sebagai bekal saat memasuki dunia kerja, jelasnya.

Menurut Kabag Binwa, Sri Welas Asih, SH, selaku penanggung jawab kegiatan, tujuan penyelenggaraan LKMM dasar ini membekali para pengurus organisasi kemahasiswaan (ormawa) agar dapat mengelola organisasi, menyusun program kerja dan menyelenggaraan kegiatan secara efektif.

Kegiatan diikuti 45 peserta, Terdiri dari para pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan lembaga mahasiswa terkait dari 6 fakultas yang ada dilingkungan Unisri . LKMM ini terjadual dan dilakukan secara berkesinambungan.

Sementara materi yang disajikan mencakup konsep dan ketrampilan mengelola organisasi, diantaranya kontrak belajar, perumusan gagasan awal, penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan, administrasi kesekertariatan (administrasi dan keuangan), administrasi persuratan, motivasi yang dikemas dalam renungan malam, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Pola pelatihan melalui diskusi, simulasi, presentasi, role ply, yang dikemas secara komunikatif dan atraktif, peserta juga melakukan bakti sosial dengan membagikan buku tulis sebanyak 540 pc ke anak-anak Desa Nglurah Tawangmangu Karanganyar, di hari terakhir peserta melakukan outbound bersama. (ona)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress