2.500 Onthelis Kumpul di Kota Solo

JATENGONLINE, SOLO – Sekitar 2.500 penggemar sepeda ontel dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Kota Solo, Sabtu-Minggu (18-19/2/2017). Mereka berkumpul untuk merayakan HUT ke-9 Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dan hari jadi ke-272 Kota Solo.

Guyub Rukun Onthelis Nusantara adalah nama acaranya. Kegiatan ini dipusatkan di komplek Stadion Manahan. Sedari Sabtu pagi, sepeda-sepeda ontel diparkir mengelilingi Patung Panahan. Di sisi utaranya terdapat puluhan pedagang onderdil ontel, barang antik, pakaian bekas, dan lain-lain. Sedangkan sebelah selatan berdiri stan-stan kuliner. Panitia juga menyediakan tenda bagi para Onthelis yang bermalam.

Seperti tajuknya, suasana hari itu penuh keakraban. Acara ini telah menjadi ajang silaturahmi dan temu kangen antarkomunitas pecinta sepda onthel. Muda hingga tua berkumpul dalam klangenan bersama: pit onthel.

Guyub Rukun Onthelis Nusantara dimeriahkan dengan beragam acara, seperti diskusi tentang sepeda, opera “Onthel In Love”, musik keroncong, batik carnival, dan Gambyong Jreng pada Sabtu. Keesokan harinya, ribuan Onthelis turun ke jalan.

onthelis1

Diberangkatkan oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dari arena car free day, mereka kemudian menyusuri jalanan dan melintasi beberapa ikon Kota Solo seperti Loji Gandrung, Benteng Vastenburg, Pasar Gede, Keraton Surakarta, dan lainnya. Di hari penutupan tersebut, panitia memberikan sebuah sepeda Fongers bagi peserta yang beruntung.

Ketua Panitia Guyub Rukun Onthelis Nusantara, Mulyanto, mengatakan, event ini merupakan agenda tahunan KOSTI. Kota Solo sudah tiga kali menjadi tuan rumah. “Ini adalah usaha kami untuk selalu melestarikan onthel di Indonesia,” tuturnya saat ditemui Soloevent, Sabtu siang.

Mulyanto menambahkan, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sepeda ontel. Antara lain sehat, tidak menimbulkan polusi, dan bisa memperbanyak persaudaraan. (zak)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger