Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid Halus Bertenaga

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid Mengaspal di Solo, saat melaju di jalan Slamet Riyadi Solo, Rabu (8/2/2017).

JATENGONLINE, SOLO – Suzuki Ertiga diesel yang resmi dirilis PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Selasa(7/2/2017). Kehadirannya bukan saja menambah deretan keluarga Ertiga dalam line up Suzuki, tapi juga jadi alternatif baru MPV ekonomis yang selama ini ber mesin bensin.

Terlebih mesin yang diusungnya bukan diesel biasa, mobil asal India ini juga dilengkapi dengan teknologi mild hybrid yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. PT SIS mengklaim bahwa mobil bernama lengkap New Ertiga Diesel Hybrid dari tes jalan yang dilakukan di BT2MP-BPPT pada Januari 2017, jumlah konsumsi BBM New Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 km/liter.

Dengan penambahan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System), mesin dieselnya sanggup menggelontorkan tenaga hingga 89 dk/4.000 rpm dan torsi 200 Nm/1.750 rpm.

Harga yang dibanderol PT Suzuki Indonesia Utama (SIU) Pabelan Solo di angka Rp 224 juta (On The Road Solo Raya). Ertiga diesel ini ditawarkan dengan tiga pilihan warna, yakni Superior White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic.

Branch Manager PT. SIU Pabelan, Bambang Mardiyanto mengatakan, New Ertiga Diesel Hybrid, mobil jenis low MPV (multi-purpose vehicle) ini, sudah bisa diinden, mulai bulan Maret 2017 dan konsumen yang sudah melakukan pemesanan produk terbaru ini sekitar 10 unit.

“Target penjualan sekitar 10 unit per bulan, jadi untuk bulan ini saja sudah tercapai,” ujarnya, di sela- sela Media Test Drive New Ertiga Diesel Hybrid, dari markas PT SIU Pabelan Solo menuju Nava hotel Tawangmangu Karanganyar, Rabu (8/3/2017).

Mobil jenis low MPV (multi-purpose vehicle) New Ertiga Diesel Hybrid.

Mobil jenis low MPV (multi-purpose vehicle) New Ertiga Diesel Hybrid.

Menurutnya, minat konsumen untuk varian ini cukup positif. Di mana target penjualan 10 unit per bulan terpenuhi sebelum akhir bulan. Data terhimpun pada 2016, penjualan Ertiga memberikan kontribusi 30% dari total penjualan all varian diwilayahnya.

“Pada tahun 2016 capaian penjualan meningkat 30 % dari tahun sebelumnya, dikisaran 1.000 an unit. Untuk market share Suzuki Ertiga secara nasional mencapai 12%. Adapun di wilayah Solo Raya 15 %,” pungkas Bambang.

Sementara Trainer Produk PT SIU, Netralianto mengatakan, Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin diesel berkode D13A dengan kapasitas mesin 1.300 CC DOHC. Ditambah teknologi DDiS (diesel direct injection system).

“Mesin diesel ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Sistem Hyybrid baru pun disematkan untuk menambah tingkat efisien bahan bakar,”terang Netral.

Saat berkendara secara normal, lanjut Netral, mesin akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Selain, sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan dalam fase deselarasi. Juga sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat ekselerasi.

Maka tidak heran bila getaran mesin ini lebih halus pada saat restart dan konsumsi BBM pun semakin irit dibanding mesin konvensional. (ian)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger