Test Ketangguhan Ertiga Diesel Di Tanjakan

Dalam kegiatan test drive New Ertiga Diesel Hybrid, mobil low MPV ini memiliki tingkat kenyaman yang baik, bertenaga dan konsumsi BBM yang sangat irit di kelasnya.

JATENGONLINE, SOLO – Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, mobil low MPV diesel ini secara nasional resmi diluncurkan tepatnya pada Selasa (7/2/2017) kemain. Namun baru sekarang mendapat kesempatan untuk merasakan sensasi dari unit terbaru Suzuki ini.

Low MPV Diesel ini sudah diuji jalan di Indonesia untuk menyesuaikan kondisi di jalan dan juga uji kecocokan dengan bahan bakar mesin diesel di Indonesia. Apalagi saat ini Pertamina juga sudah mengeluarkan varian BBM Dexlite yang harganya lebih murah daripada PertaDex.

Penasaran bagaimana performa, fitur dan tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) New Ertiga Diesel Hybrid yang baru saja diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) JATENGONLINE berkesempatan menjajal ketangguhan mobil ini difasilitasi unit mobil test drive oleh PT Solo Indonesia Utama (SIU) Pabelan.

Dengan melintasi rute Pabelan-Solo-Tawangmangu, dalam kegiatan Test Drive New Ertiga Diesel Hybrid, pada Rabu (8/2/2017), mobil low MPV (multi-purpose vehicle) dengan melintasi berbagai medan jalan, mulai dari jalanan lalu lintas yang padat, jalan berlobang bergelombang hingga tanjakan dan turunan ekstrem berkelok.

Start dari diler PT. SIU Pabelan Sukoharjo, mobil New Ertiga Diesel Hybrid diisi menggunakan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina Dex.

Selama perjalanan, melihat aspek keamanan, Ertiga Diesel Hybrid telah menyematkan fitur keselamatan dan keamanan terdepan di kelasnya, seperti ABS – EBD, Dual SRS Airbag serta Leveling Lamp Feature.

Hal ini membuat pengemudi dan penumpang yang berada di dalam kendaraan merasa aman. Selain itu, terdapat parkir sensor (4 titik) dan Rear Defogger (kaca anti kabut) yang membantu pengemudi saat berkendara.

Ertiga Diesel juga terasa nyaman dengan hadirnya fitur-fitur lain, seperti Air Conditioning Heater, Day Night Mirror, dan Gear Shift Indicator. Sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan dengan menyenangkan.

Dari eksterior, New Ertiga Diesel Hybrid memang tidak banyak mengalami perubahan, namun Suzuki membenamkan fitur dan teknologi terkini di dalamnya. Di mana mobil ini menggunakan mesin diesel berkode D13A dengan kapasitas mesin 1.300 CC DOHC, ditambah teknologi DDiS (diesel direct injection system).

Mesin diesel ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Tak heran, ketika melintasi berbagai tanjakan di kawasan Karanganyar-Karangpandan-Tawangmangu, mobil ini terasa sangat bertenaga, namun konsumsi BBM tetap irit.

Saat laju kendaraan normal, mesin bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Getaran mesin selama perjalanan pun terasa lebih senyap.

Pada saat mobil berhenti di jalanan macet dan restart, konsumsi BBM terasa irit dibanding mesin konvensional berkat adanya fitur Idle Stop.

Tingkat keiritan mobil ini dalam uji jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT pada Januari 2017 lalu, jumlah konsumsi BBM yang menjadi patokan New Ertiga Diesel Hybrid adalah 22,6 km/liter.

Untuk merasakan suspensi, mencoba melewati jalan berlobang dan bergelombang, walau untuk bagian penumpang belakang masih terasa sedikit keras pada saat melintas jalan tidak rata serta berbatu, namun untuk pengemudi atau penumpang bagian depan sangat empuk dan nyaman. Akselerasi kendaraan pada saat tancap gas di jalan yang lurus dan berkelok pun sangat baik.

Hal ini menjadi kelebihan bagi New Ertiga Diesel Hybrid, walau berada di segmen low MVP, namun mobil yang dibanderol Rp.224 juta (OTR Solo Raya) tersebut memberikan sensasi layaknya sebuah mobil premium.

Ini Spesifikasi dan Fitur New Ertiga Diesel Hybrid

P_20170308_113527

Desain
Perubahan desain tak ada yang signifikan kecuali penambahan logo Hybrid ZDi dibagian belakang sebelah kanan. Selebihnya terlihat sama.

P_20170308_113056

Mesin
Ertiga hybrid ini menggunakan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) yang digandengkan dengan mesin diesel berkode D13A Dualjet berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 88 hp dengan torsi 200 Nm. Namun jika digabungkan dengan baterai dan ISG, tenganya bisa bertambah menjadi 90 PS dan 200 Nm.

Teknologi SHVS sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh Suzuki Ciaz yang di pasarkan di India. Dan teknologi ini tidak sepenuhnya Hybrid karena sistem kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu, head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil.

Istilah lainnya adalah mild atau semi hybrid karena perangkat Integrated Starter Genarator yang digunakan tidak serupa dengan generator atau motor listrik pada mesin full hybrid, yang bekerja sama atau bergantian dengan mesin utama sebagai daya penggerak mobil.

Selain itu sistem kerja teknologi SHVS masih menggunakan aki konvensional berkapasitas besar, berbeda dengan mobil full hybrid yang biasanya menggunakan baterai lithium. Dengan aki tersebut tentunya perawatannya lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh konsumen.

Spesifikasi Mesin Suzuki Eriga Diesel SHVS
Tipe mesin : DDiS Diesel Engine D13A
Displacement : 1.249cc
Number of Cylinders : 4
Number of valves : 16
Fuel distribution : CRDi (common rail direct injection)
Tenaga maksimum : 88,4 hp @ 4.000 rpm
Torsi maksimum : 200 Nm @ 1.750 rpm
Tipe Transmisi : manual 5 percepatan

ertiga-diesel-launching4186

Fitur
Fitur Diesel ini tentunya berbeda dengan Bensin dan menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk membelinya. Kelebihan adalah fitur Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator, Indikator Water Sedimeter. Namun untuk transmisi hanya tersedia dalam versi manual.

Idle Engine Start-Stop sangat berguna dalam menghemat pemakaian BBM, karena pada saat mobil berhenti pada lampu merah dan persneling netral mesin secara otomatis berhenti dan untuk menjalankan kembali, Anda hanya tinggal menekan pedal kopling.

Selain itu fitur Gear Shift Indicator sangat membantu untuk memberi tahu kapan sebaiknya harus shifting atau pindah gigi, dan tentunya juga akan membuat pemakaian BBM menjadi lebih hemat.

Integrated Starter Generator (ISG) berfungsi untuk menggantikan tugas alternator konvensional dan membantu pergerakan mesin dieselnya. Sehingga torsi semakin baik dan akselerasi juga lebih spontan, namun dengan BBM yang lebih sedikit.

Brake Energy Recuperation memiliki fungsi untuk menyimpan energi kinetik hasil pengereman ke baterai Integrated Starter Generator (ISG). Nah energi dari ISG inilah yang nantinya akan digunakan untuk proses start-stop engine yang tentunya akan membantu akselerasi awal.

Indikator Water Sedimeter ini bermanfaaat untuk memberikan informasi seberapa banyak kandungan air yang terdapat pada filter solar. Tentunya untuk di Indonesia, fitur ini sangat bermanfaat sekali mengingat masih banyaknya solar berkualitas rendah. Selain itu, alat ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu antisipasi agar tidak terjadi water hammer.

Headlamp with Leveling sehingga dengan mudah untuk mengatur posisi cahaya lampu utama

Rear Defogger pada kaca belakang yang berguna untuk menghilangkan kabut atau embun pada saat terjadi perbedaan suhu di luar kabin dan di dalam kabin di kala hujan.

ertiga-diesel-launching4962

Harga
Dengan kelebihan tersebut, Ertiga Diesel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 224 jutaan (On The Road Solo Raya). Jadi siap-siap menabung untuk meminang ertiga ini. Untuk pilihan warnanya SIS memberikan suguhan kepada konsumen dengan 3 warna, yakni Superior White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic.

Sebagai tambahan informasi, terjadi perbedaan bobot pada Ertiga Diesel yaitu beratnya 1.235 kg hingga 1.265 kg dengan bensin yang memiliki bobot 1.135 kg sampai 1.180 kg. Selisih sekitar 100 kg karena menggunakan mesin yang berbeda. Sementara itu untuk dimensi masih sama.

Bagi yang berminat dengan Ertiga Diesel Hybrid ini dealer Suzuki di Solo Raya sudah mulai dijual dengan program menarik yang cukup menggiurkan nih untuk meminang neng Erti ini. (ian)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger