Humas UNIBA Ikuti Bimtek Kehumasan PTS se Jateng

JATENGONLINE, SOLO – Antusias peserta bimbingan teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan Kopertis VI di Hotel Le Beringin Salatiga dengan peserta dari lima puluh PTS di Jateng cukup luar biasa, mengingat waktu penyelenggaraan yang teramat singkat, yakni selama tiga hari, 8-10 Maret 2017, mampu memenuhi keinginan narasumber dalam melaksanakan praktik pembuatan blog mengenai pemberitaan online di Website.

“Ini luar biasa, dan ini perlu kita apresiasi. Peserta yang terbagi dalam sepuluh kelompok ini, rata-rata mampu mempresentasikan hasil karyanya dengan baik, meskipun kita bimbing dalam waktu singkat. Sedikit kekurangan adalah sesuatu yang wajar, ke depan ini dapat dibenahi selama berproses.”

Pernyataan ini disampaikan Sri Mulyadi, MM mantan Redaksi senior Suara Merdeka yang kini aktif di PWI Jateng, saat berinteraksi dengan peserta pada sesi praktik kelompok.

Kepada peserta Ia mengingatkan, dalam menulis atau membuat berita, kontennya harus sesuai judul pemberitaan, dan menggunakan istilah bahasa yang mudah dipahami, serta pemilihan judul juga tidak asal-asalan.

“Judul berita dapat diistilahkan dengan pengiklanan tulisan. Dengan pengambilan judul yang menarik, membawa pengaruh bagi seseorang untuk membacanya,” ungkap mbah Mul, demikian dirinya biasa disebut

Nara sumber lain, Prof. Ali Imron menambahkan, dalam menulis mengenai tanda baca sangat penting, sehingga diupayakan tidak terjadi kesalahan. Begitu juga untuk penggunaan huruf besar dan kecil, serta pemakaian gaya bahasa.

Sementara, Gunawan Witjaksono, M.Si yang juga selaku narasumber mewanti-wanti agar tampilan dalam blog tidak terlalu menggunakan banyak pewarnaan, karena hanya akan menggangu kejelasan terhadap tulisan atau aksara yang ditampilkan dalam blog.

Kepala Bagian Umum, Hendradi Sulistyawan, SH menjelaskan, saat menutup acara bimtek Kehumasan, bahwa agar apa yang sudah diperoleh selama mengikuti acara ini dapat diaplikasikan di kampus masing-masing.

“Semoga peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini tidak hanya berhenti di sini, lanjutkan dengan membentuk semacam paguyuban anggota kehumasan PTS di Jateng, seperti yang sudah ada saat ini, yakni paguyuban PR.I dan PR.III.” harapnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger