UNIBA – IAPI Tandatangani MoU

JATENGONLINE, SOLO – Bertempat di Ruang Rapat Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, Rabu (14/3/2017), Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIBA bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), menandatangani kesepakatan (MoU). Adapun wakil yang menandatangani MoU ini adalah Rektor UNIBA yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS dan IAPI diwakili oleh Suhartono, MPA, Ak, CACP, CA yang merupakan Ketua Dewan Sertifikasi IAPI.

MoU ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku serta mengadopsi persyaratan Internasional Education Standard (IES) yang diterbitkan oleh IFAC dan dalam rangka menghadapi Asean Economic Community serta merespon perkembangan profesi, sehingga diharapkan tersedia sumber daya manusia yang diperlukan bagi profesi akuntan publik dengan memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, IAPI telah menyiapkan program pengembangan profesional bagi auditor (professional development for auditor) pada kantor akuntan publik. Ujian Profesi Akuntan Publik yang dikenal sebagai CPA of Indonesia Exam selama ini ditujukan bagi seseorang yang ingin mendapatkan ijin untuk menjadi akuntan publik, sedangkan bagi staf KAP belum terdapat mekanisme quality assurance untuk meningkatkan kompetensinya. Sedangkan peran dan fungsi staf KAP sangat penting.

Dalam pembukaan acara ini, ketua Dewan Sertifikasi IAPI Suhartono, MPA, Ak, CACP, CA, menyampaikan bahwa MoU ini bertujuan untuk menjembatani dunia akreditasi dan profesi, agar mahasiswa dapat mengenal dunia profesi lebih dini. Dan diharapkan dalam acara ini dapat memberikan wacana kepada mahasiswa bahwa dalam dunia kerja terdapat profesi yang harus didalami. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress