Toleransi Sudah Diajarkan Sejak Lahirnya Pancasila

Sosialisasi empat pilar oleh Moh. Toha anggota DPR RI kolaborasi dengan materi pemuda anti narkoba di Kepuh Nguter Sukoharjo.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Merujuk dari sejarah berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga saat lahirnya Pancasila, sarat dengan sikap toleransi dan kebersamaan. “Seperti dalam sejarah lahirnya Pancasila didasari dari Piagam Jakarta, seperti tertuang dalam sila pertama yang diganti dari kalimat ‘menjalankan syariat islam) bagi pemeluknya’ diganti ketuhanan yang maha esa. Saat perumusan PPKI dan BPUPKI menggunakan asas toleransi. Hal itu membuktikan toleransi sudah tertanam sejak lama. ” ungkap Moh Toha, pada wartawan saat menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kepuh, Sukoharjo, Minggu (19/3/2017).

Hal tersebut disampaikan Toha yang menjadi salah satu dasar menyebarkan kembali ‘virus’ toleransi bagi masyarakat Indonesia. Yang menjadi salah satu tugas dari anggota DPR-MPRRI untuk mensosialisasikan Pancasila yang termasuk dalam empat pilar kebangsaan.

IMG-20170319-WA0075

“Dalam sosialisasi kali ini kami mengundang kepala desa dan perangkatnya, juga pengurus ormas untuk memahami secara rinci pasal demi pasal dalam UUD 45 sebagai penjabaran dari Pancasila. Karena selama ini masyarakat hanya tahu luarnya saja.” Imbuh Toha.

Toha berharap, masyarakat lebih menjiwai dan melaksanakan nilai Pancasila, memahami UUD 45, memaknai Bhineka tunggal ika untuk mewujudkan NKRI.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan sekitar 100 peserta, juga disisipkan bagaimana generasi muda lebih bermanfaat ikut berperan serta dalam pembangunan. Salah satunya dengan menjadi generasi muda bebas narkoba, dengan menggandeng penyuluh anti narkoba, Agus Widanarko. (jia)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger