717.735 Kilogram Rastra Sukoharjo Mulai Didistribusikan

Penyaluran perdana rastra di Sukoharjo di Bulog Telukan, Senin (20/3/2017)

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Distribusi beras sejahtera (rastra) untuk masyarakat Sukoharjo mulai didistribusikan. Setelah sempat tertunda dua bulan karena terganjal aturan, mulai Senin (20/3/2017) ini bulog telukan mulai menyalurkan rastra sebanyak 717.735 tiap bulan.

Pendistribusian rastra rencananya akan dilakukan secara bertahap, pada tahap awal pendistribusian akan dibagikan di empat kecamatan, yakni Grogol sejumlah 76.260 Kg, Kecamatan Sukoharjo 68.595 Kg, Kecamatan Baki 47.835 Kg dan Kecamatan Gatak 47.835 Kg.

“Untuk tahap awal ada empat kecamatan dulu, yakni Grogol, Sukoharjo, Baki dan Gatak. Kecamatan yang lain nanti segera menyusul, saya bersyukur ini menjadi yang tercepat se Jawa Tengah. Adapun setelah kemarin pagu turun, total yang dikeluarkan Bulog Sukoharjo dalam setiap bulan sebanyak 717.735 kg,” kata Widodo, Asisten II Pemkab Sukoharjo, Senin kemarin.

Pagu rastra yang sebelumnya bernama raskin untuk tahun 2017 ini sedikit menurun dari tahun sebelumnya dengan menerima sebanyak 8.612.820 kg. Sedangkan untuk tahun 2016 Sukoahrjo menerima 9.210.240 kg, atau lebih banyak dari tahun ini dengan selisih mencapai 51.168 kg.

“Kita harapkan dengan penyaluran beras sejahtera ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan juga untuk menangulangi angka kemiskinan. Selain itu, ini juga sebagai upaya untuk menstabilkan harga beras di pasaran,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Telukan, Wisnu Sancoyo mengatakan stok saat ini yang tertimbun di gudang Telukan mencapai 3.900 ton beras, sehingga tidak usah khawatir karena stok dipastikan mencukupi dan aman.

“Stok aman dan kualitasnya masih layak konsumsi. Kami sudah memverifikasi setiap beras yang akan disalurkan. Namun bila masih ada ditemukan beras yang tidak layak bisa melapor pada kami dan akan kami ganti,” kata Wisnu.

Selanjutnya untuk proses ditribusi ke masing-masing kecamatan mendapat kawalan dan pantauan dari Satgas Sergap dari anggota Kodim 0726 Sukoharjo.(jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger