PT Sritex Komitmen Pekerjakan Difabel

Penyerahan kembali tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan pada PT Sritex.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Tri Marjanto (27) karyawan mekanik divisi Garmen PT Sritex kini bisa kembali bekerja, setelah ia absen selama beberapa bulan akibat kecelakaan kerja yang dialaminya bulan Juni 2016 silam.

Meskipun Tri kini cacat dan mengenakan kaki palsu, namun PT Sritex masih menerima dan mempekerjakannya kembali.

“Saya senang bisa kembali bekerja lagi. Selama pemulihan dan tidak masuk kerja saya juga menerima gaji.” Ungkap Tri pada sejumlah wartawan di PT Sritex, Senin (20/3/2017).

Hari senin tersebut Tri mulai bekerja, ditandai dengan penyerahan kembali Tri bekerja di Sritex melalui program Return To Work (RTW) dari BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan penyerahan Tri dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah BPJS Jateng DIY Irum Ismantara, dan diterimakan langsung oleh Iwan Kurniawan Lukminto, Vice Presiden Direktur PT Sritex.

“Sudah menjadi komitmen bagi kami dalam mempekerjakan karyawan kami dengan program RTW. Bahkan perusahaan kami juga mempekerjakan difabel, saat ini ada 160 difabel dengan berebagai kondisi kecacatan yang bergabung dengan Sritex.” Ungkap Iwan Kurniawan yang biasa disapa Wawan ini, saat ditemui.

Irum Ismantara menjelaskan lebih lanjut, bahwa saat ini belum banyak perusahaan yang mengikuti program RTW, alasannya mereka tidak ingin mempekerjakan karyawan cacat yang dimungkinkan bisa menghambat pekerjaan.

“Kami masih prihatin, belum banyak perusahaan yang mengikuti program RTW BPJS Ketenagakerjaan. Tercatat se Jawa Tengah baru ada 1788 perusahaan atau hanya sekitar 10% dari total perusahaan di Jawa Tengah DIY. Harapan kami semua perusahaan memanfaatkan program ini. Kami akan terus mensosialisasikan,” ungkap Irum Ismantara.

Tercatat dalam program RTW, sampai tahun ini tercatat ada 81 kasus yang dilaporkan dan 54 kasus diantaranya sudah kembali bekerja, masih ada 27 kasus yang proses pemulihan. (jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger