Balai Besar Ajak Muspida dan BPBD Cek Kerusakan Bengawan Solo

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Bertepatan dengan Peringatan Hari Air Dunia XXV, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengajak pejabat daerah, SAR dan BPBD se Solo Raya, melakukan kegiatan susur Sungai Bengawan Solo, Rabu (22/3/2017). Peserta melakukan penyusuran sungai dengan menggunakan perahu karet dimulai dari Kelurahan Bulakan, Kecamatan Sukoharjo hingga ke Kampung Sewu Kota Solo.

“Kegiatan susur sungai ini dilakukan untuk melihat kondisi terakhir Sungai Bengawan Solo. Diketahui saat ini banyak mengalami kerusakan akibat pencemaran lingkungan. Salah satunya karena banyaknya buangan sampah dan limbah. Kami sangat mendukung kegiatan ini,” ungkap Purwadi saat melepas kontingen susur sungai di Bulakan.

Dalam penyusuran tersebut peserta yang ikut serta memetakan titik mana mengalami kerusakan. Selanjutnya akan dilakukan penanganan bersama dengan melibatkan BBWSBS selaku pengelola Sungai Bengawan Solo. Susur sungai dilakukan dengan jarak sekitar sepanjang 15 kilometer mulai dari Bulakan, Sukoharjo hingga Kampung Sewu Solo. Termasuk dalam tim susur sungai, Nampak Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Dandim Sukoharjo Letkol Inf. Taufan Widiantoro juga ikut melakukan pengamatan langsung dari atas perahu.

Kepala BBWSBS Yudi Pratondo mengatakan, susur Sungai Bengawan Solo melibatkan 132 orang peserta dari berbagai pihak terkait menggunakan 22 perahu karet. Tujuannya untuk menggambarkan kondisi lingkungan dan infrastruktur sumber daya air. Usai menyusuri Sungai Bengawan Solo, tim turun di Kampung Sewu disambut dengan diskusi tentang air dan berbagai kegiatan masyarakat, seperti pameran dan omba menggambar untuk anak-anak. (jia)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress