Launching e-Learning, UMS Siapkan Paperless University

Rektor UMS Prof Bambang Setiaji menunjukkan ruang e-learning UMS.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin memantapkan diri menuju universitas berbasis ilmu teknologi (IT). Salah satunya dengan program e-Learning, yakni pembelajaran elektronik atau berbasis teknologi internet.

“UMS siap menuju pembelajaran berbasis internet. Salah satunya ditandai dengan program e-learning. Sebagai persiapan UMS untuk program kuliah jarak jauh, yakni antara UMS dengan UMKT (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur), juga dengan kelas Mesir yang akan dilaksanakan tahun ini. Model perkuliahannya seperti teleconference atau bisa juga dengan direkam audio visual. Mahasiswa pun tidak harus berkumpul dalam ruangan bersama, namun mereka juga bisa menggunakan ipad masing-masing,” ungkap Prof dr Bambang Setiaji, Rektor UMS, saat launching e-Learning di gedung Siti Walidah UMS, Selasa (21/3/2017).

Ditambahkan Prof. Bambang, meskipun sudah di launching, e-Learning UMS masih melengkapi sarana dan prasarananya, sambil menunggu seluruh proses perijinan. Saat ini sudah tersedia ruangan kedap suara untuk rekaman, dan sedang proses pembelian perangkat audio visualnya dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

“Sekaligus program ini untuk persiapan perkuliahan UMKT sebagai anak UMS, yang dipersiapkan menjadi Paperless University yakni universitas berbasis IT, tidak ada lagi penggunaan kertas, kalaupun ada akan sangat minim. Pembelajaran, administrasi bahkan perpusatakaan menggunakan teknologi e-paper. Saat ini kami juga membuka kerjasama dengan penerbit untuk program tersebut.”imbuh Prof. Bambang.

Launching program e-learning juga ditandai dengan seminar implementasi e-learning, dengan menghadirkan nara sumber Prof. Dr Mak Chai dari Asia e-Unibersiaty Malaysia, Ridwan Roy Tutupoho (Direktur PJJ Belmawa Kemenristekdikti) dan dari PP Muhammadiyah Prof Dr Khudzaifah Dimyati.

Menyambut program e-learning UMS, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Dr. Lincolin menyatakan kebanggaannya dan berharap UMS bisa semakin maju. (jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress