Wisuda Sarjana XL dan Pasca Sarjana XIX UNIBA Surakarta

JATENGONLINE, SOLO – UNIBA Surakarta menggelar wisuda Sarjana angkatan XL dan Pascasarjana angkatan XIX, di gedung Graha Saba Buana Surakarta, Rabu 22 Maret 2017. Jumlah wisudawan padas saat ini yaitu 310 orang, terdiri dari Fakultas Ekonomi Akuntansi 50 wisudawan, Fakultas Ekonomi manajemen 99 wisudawan, Fakultas Hukum 72 wisudawan, Fakultas Pertanian 19 wisudawan, dan Program Pascasarjana 70 wisudawan.

Diantara 310 lulusan terpilih wisudawan/wisudawati terbaik dari Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi SRI ASIH, SE dengan IPK 3,89, Prodi Manajemen UMI AMBARWATI, SE dengan IPK 3,87, dari Program Pascasarjana RIA MARGINA HARMININGSIH, M. Si dengan IPK 3,85, dari Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum FITRIYANI KUSUMANINGRUM, SH dengan IPK 3,81, dan SLAMET HARJANTO, SP dari Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi dengan IPK 3.80.

Dalam pidato Rektor UNIBA Prof. Endang Siti Rahayu MS memberikan penjelasan bahwa UNIBA telah mendapat SK Akreditas Institusi pada bulan April 2016 dan UNIBA memperoleh akreditasi B untuk AIPT (Akreditasi Institusi PT), dimana belum semua PTN dan PTS memiliki ini. Akreditasi ini yang menjadikan UNIBA semakin diakui oleh semua stakeholder karena semakin diakui kapabilitasnya.

UNIBA saat ini memiliki 3 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana yang terdiri atas 5 program studi, yaitu Program Studi (Akuntasi) Terakreditasi A dan prodi lainnya (Manajemen, Ilmu Hukum, Agribisnis, Teknik Industri, dan Agroteknologi) memiliki status Terakreditasi B oleh BAN PT termasuk Program studi S2 Ilmu Manajemen Program Pascasarjana UNIBA.

Selain itu pada tahun ini hadir prodi baru Peternakan sehingga UNIBA sekarang memiliki 8 Prodi. UNIBA berusaha untuk selalu bertumbuh dan berkembang, dengan selalu berusaha menambah prodi baru. Tahun 2015 UNIBA ajukan prodi S2 Ilmu Hukum, S1 Teknik Informatika, Teknik Komunikasi dan D3 Manajemen Rumah Sakit tinggal menunggu terbit ijinnya.

Tahun 2016 UNIBA berusaha lagi mengajukan 7 prodi baru dan sudah mendapatkan rekomendasi dari Kopertis VI Jawa Tengah. Dari semua prodi tersebut setelah dievaluasi lagi yang masih memungkinkan prospektif kita lanjutkan lagi yaitu prodi S2 Hukum dan S1 Teknik Informatika (sebagai prioritas) diantara ajuan 9 prodi baru lainnya yang diajukan tahun 2017 ini.

UNIBA memiliki komitmen kuat secara berkelanjutan untuk meningkatkan status dan kredibilitasnya dengan berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat, maka segala upaya dilakukan, antara lain dari aspek tenaga pengajar (Dosen) UNIBA telah memiliki sebanyak 39 tenaga dosen profesional yang memiliki sertifikat pendidik, dan menambah 18 Dosen baru (2016) dan tahun 2017 menambah lagi 12 Dosen baru yang lebih unggul dan kualified, sekaligus meningkatkan nisbah ratio dosen-mahasiswa yang merupakan “issue” pokok sebuah PT.

Upaya meningkatkan standar sarana dan prasarana pembelajaran telah dilakukan UNIBA melalui penyempurnaan dan meningkatkan mutu pelayanan akademik, keuangan, teknologi informasi, penjaminan mutu, perpustakaan, pengembangan jaringan IT dalam sistem SIAKAD yang terintegrasi dengan penambahan kapasitas IT untuk pembenahan dan penataan webb, peningkatan operasional akademik dan keuangan, penambahan jumlah ruang kuliah yang nyaman ber AC dan LCD dengan telah dioperasionalkan pembangunan gedung lama menjadi gedung 7 lantai yang modern.

Adapula klinik kesehatan, klinik berhenti merokok, galeri investasi. Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa UNIBA yang meningkat menjadi dua kali lipat dari tahun sebelumnya dan tahun akademik 2016/2017 terdapat peningkatan cukup significan mencapai 70% dari tahun sebelumnya (target tahun ini 1.000 mahasiswa) terlampaui menjadi 1.178 mahasiswa .Lebih membanggakan lagi, tahun ini UNIBA dpercaya untuk mencetak SDM Pertanian Jawa Tengah dengan bekerjasama dengan staf ahli Gubernur dan sudah belajar 2 semester dengan ujicoba di Kabupaten Wonogiri. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress