Himpunan Ratna Busana Peduli Budaya

JATENGONLINE, SOLO – Menjelang hari jadinya yang ke 7 tahun, 30 April 2017, Himpunan Ratna Busana (HRB) menggelar diskusi bertema Pesona Kain dan Budaya Jawa Barat, digelar sekaligus dalam rangka menyambut Hari Kartini.

Acara yang berlangsung di Pendapa Wuryadiningratan ini menghadirkan narasumber Ny, Ginanjar Kartasmita selaku Tokoh Menak Sunda dan Dr Komarrudin Kudiya selaku pakar kain Jawa. Dalam pemaparannya Komarrudin menjelaskan beberapa jenis batik Jawa Barat.

“Keungulan batik Jawa Barat terdiri atas batik keraton, batik pasisiran dan batik pedalaman,” ujar Ny. Ginanjar yang juga Ketua Yayasan Batik Indonesia ini. Selasa (18/4/2017)

Ada beberapa motif batik Jawa Barat yang hampir sama dengan di Jawa Tengah., tambah Ny. Ginanjar, pasalnya banyak masyarakat Sunda yang belajar membatik dari masyarakat Jawa Tengah.

Sementara itu, Wakil Ketua Himpunan Ratna Busana (HRB) Solo, Febri Dipokusumo mengungkapkan pertemuan serupa rutin digelar tiga bulan sekali, dengan mengangkat tema yang berbeda.

“Tema biasanya kita ambil dari daerah daerah secara bergiliran misalnya Lombok, Sumatera dan seluruh Nusantara. Kebetulan saat ini kita ambil tema Jawa Barat,” papr Febri, disela acara.

Untuk mengenal dan melestarikan kain Nusantara, lanjut Febri, komunitasnya tak jarang juga langsung mengunjungi berbagai daerah melalui perjalanan wisata. Melalui kegiatan diskusi yang rutin digelar diharapkan bisa mempererat keakraban antaranggota.

Selain membahas seluk beluk kain khas Jawa Barat, kegiatan ini juga menampilkan berbagai makanan tradisional khas Jawa Barat seperti sayur asam, combro, kripik garut, kripik pisang dan sebagainya. (ian)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger