1308 Sertifikat Bersubsidi Diserahkan

Bupati Sukoharjo menyerahkan sertifikat program sertifikat bersubsidi di Graha Wijaya Sukoharjo. JATENGONLINE, SUKOHARJO – Program persertifikatan tanah bersubsidi yang dianggarkan Pemkab Sukoharjo tahun 2016 mencakup 1.793 bidang tanah. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.308 sertifikat sudah selesai dan sudah diserahkan pada warga, sedangkan 485 bidang tanah sisanya masih dalam proses, diharapkan bisa selesai pada tahun 2017 ini.

“Tertib administrasi khususnya sertifikat tanah masih menjadi salah satu prioritas pembangunan. Dengan program Pensertifikatan Tanah Bersubsidi ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan kemakmuran masyarakat Sukoharjo,” kata Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat menyerahkan sertifikat Program Daerah Agraria (Proda) dan Program Operasi Nasional Agraria (Prona) di Graha Wijaya, Kamis (4/5/2017).

Seperti diketahui di Jawa Tengah masih terdapat 56 persen tanah yang belum bersertifikat, program ini untuk menunjang program tertib sertifikat yang dicanangkan pemerintah pusat.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat (DPUPR) Ir Suraji, setelah selesai program sertifikat prona dan proda sebanyak 1.793 bidang, akan disusul dengan program sejenis dalam anggatan tahun 2017. Terdata masih ada sekitar 2800 bidang tanah yang belum punya sertifikat. Targetnya tahun 2019 sudah selesai semua.

“Banyak manfaatnya bagi masyarakat dengan tertib administrasi sertifikat tanah ini, seperti jaminan kepastian hukum tanah, mencegah timbulnya sengketa, terpantaunya pajak pengalihan hak dan menambah modal usaha masyarakat yang dapat menggerakan roda perekonomian investasi sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Suraji. (jia)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress