Kemendag Tegur Supermarket Jual Barang Pokok Diatas HET

JATENGONLINE, SOLO – Menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2017, Kementerian Perdagangan melakukan pantauan harga dan ketersediaan bahan pokok. Pantauan dilakukan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan yang dipimpin Eva Yuliana. Mereka mendatangi sejumlah gudang distributor, pasar rakyat, dan ritel modern di Solo raya, Minggu (7/5/2017).

Dalam pantauan tersebut, tim menemukan sejumlah pelanggaran harga di ritel modern. Meskipun peraturan Menteri Perdagangan (Mendag) tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) gula, minyak goreng dan daging beku telah diberlakukan, sejumlah ritel masih menjual tiga komiditi tersebut diatas HET.

“Masih ada toko retail yang menjual diatas HET, seperti gula untuk kemasan 1 kilogram (kg) sudah benar tapi kemasan 2 kilonya jadi Rp28.900,” jelas Eva saat pemantauan di Lotte Grosir, Jalan Bhayangkara, Tipes, Solo.

Padahal, kata Eva, sesuai HET harga gula 1 kg adalah Rp12.500. Selain gula, tim juga menemukan minyak goreng kemasan sederhana yang dijual dengan harga Rp13.000 per liter. Padahal sesuai HET harga minyak kemasan sederhana hanya Rp11.000. Untuk harga daging beku juga masih ada yang dijual diatas Rp80.000 per kg.

Selain temuan tersebut, Eva menambahkan, toko retail juga masih ada yang tidak menyediakan komoditi kemasan sederhana.

“Seharusnya retail menyediakan kemasan premium dan sederhana secara seimbang,” keluhnya.

Kendati ditemukan harga diatas HET, pihaknya masih bisa mentolerir karena saat ini masih tahap transisi setelah aturan berlaku. Namun jika dalam waktu satu bulan mendatang masih ada retail yang tidak mematuhi aturan, Eva berjanji untuk memberikan sanksi tegas.

“Kami hanya memberikan teguran, masih bisa ditolerir karena saat ini masih tahap transisi, setelah aturan berlaku akan ada sanksi tegas. Mungkin sosialisasi belum maksimal saat ini. Kami akan koordinasikan dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo),” katanya.

Sementara pantauan di Pasar Gede, harga 3 komoditi sudah sesuai dengan HET. Dalam pantauan itu, Eva juga menemukan harga bawang putih yang masih tinggi yakni mencapai Rp60.000 per kg, cabai rawit merah Rp65.000 per kg.

Pemantauan di Hypermart, Solo Grand Mall, harga ketiga komoditas terpantau sesuai HET. Namun stok minyak goreng kemasan sederhana mengalami kekosongan sejak dua minggu lalu. Pihak manajemen beralasan karena minimnya pasokan.

“Kami belum akan memberikan sanksi kepada ritel modern anggota Aprindo yang belum menerapkan HET. Akan kami komunikasikan dulu hasil pantauan berbagai daerah dengan Aprindo,” pungkas Eva. (rie)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger