Sukoharjo Punya Pengolahan Sampah Terpadu 3R

Bupati Sukoharjo meninjau tempat pengolahan sampah terpadu di Kwarasan Grogol.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Kesadaran masyarakat Sukoharjo untuk mengolah sampah atau limbah keluarga semakin tinggi, di sejumlah tempat sudah ada upaya penanganan sampah. Yang terbaru, masyarakat desa Kwarasan kecamatan Grogol Sukoharjo, sudah membangun tempat Pengolahan Sampah terpadu Reuse, Reduce dan Recyle (3R).

Bangunan TPS 3R Desa Kwarasan, tepatnya di dekat TPU Danyung iniberdiri di atas lahan seluas 3700 meter, dengan menelan biaya sebesar Rp 580 juta dan akan diberi bantuan tambahan oleh Bupati Sukoharjo Rp 140 juta untuk membuat pagar. Fasilitas yang ada didalamnya, terdapat mesin pencancah sampah organic dan an organic, pencancah anting, mesin pemilah, mesin granule hingga mesin pengering.

“Kita menerima bantuan untuk pembuatan pengolahan sampah terpadu 3R dan sekarang sudah selesai pembangunanya dan siap untuk dipergunakan. Di sini sampah akan dipilah mana yang bisa digunakan kembali, mana yang bisa menjadi pupuk atau pakan ternak dengan kapasitas yang cukup,” kata ketua Suroto, kelompok pengelola KSM Bina Sakina, Senin (15/5/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukoharjo bangga dan berharap dengan adanya TPS terpadu ini bisa bermanfata bagi warga desa dan menjadi solusi permasalahan sampah di Kabupaten Sukoharjo.

“Kami bangga kesadaran warga akan pengelolaan sampah semakin tinggi. Sampah adalah emas yang terpendam dimana melalui 3R atau Re-use, Reduce, dan Recycle sampah menjadi hal yang berharga dan mampu meningkatkan PAD desa.” tandas Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya yang pada kesempatan tersebut juga sekaligus meresmikan dua pengolahan sampah di Desa Gonilan dan Desa Gumpang, kecamatan Kartasura. (jia)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger