KSEI Sosialisasikan Manfaat Fasilitas AKSes di Kota Solo

Ruth Yendra, Pjs. Kepala Unit Pelayanan Pelanggan KSEI, saat bertemu wartawan di Goela Klapa Resto. Rabu (17/5/2017)

JATENGONLINE,  SOLO – Setelah menyambangi Kota Semarang dan masih dalam rangka kegiatan sosialisasi dan edukasi Fasilitas AKSes, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) singgah di kota Solo. Rangkaian kegiatan sosialisasi di Solo ini mencakup kegiatan edukasi mengenai pasar modal di Universitas Sebelas Maret (UNS), silaturahmi dengan media dan Investor Gathering yang ditujukan untuk nasabah yang berdomisili di Solo.

Fokus dari kegiatan sosialisasi ini untuk menyampaikan kembali manfaat sarana pemantauan portofolio investor yang disediakan KSEI, yakni Fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Ruth Yendra, Pjs. Kepala Unit Pelayanan Pelanggan KSEI menyatakan “Dengan diselenggarakannya kembali program sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat Solo, khususnya yang sudah menjadi nasabah pasar modal mengenai pentingnya pemantauan portofolio investasi secara langsung melalui Fasilitas AKSes. Hadirnya fasilitas yang merupakan sarana transparansi informasi dan perlindungan investor tersebut, diharapkan dapat menarik minat investor baru”, ungkapnya.

Ruth menambahkan, “Sosialisasi dan edukasi ini juga sejalan dengan kampanye ‘Yuk Nabung Saham’ yang diselenggarakan regulator pasar modal untuk meningkatkan jumlah investor, khususnya investor domestik. Peningkatan investor domestik di pasar modal telah menunjukkan hasil yang positif, tercatat pada April 2017, sebesar 52% aset pasar modal dikuasai oleh investor domestik, hal ini cukup menggembirakan mengingat investor asing pernah menguasai aset pasar modal hingga 65%”.

Berdasarkan data KSEI per akhir April 2017, saat ini Jawa Tengah menempati urutan ke-4 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia setelah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur dengan jumlah investor pemilik Efek sebanyak 51.680 orang. Jumlah nasabah yang berdomisili di Solo tercatat sebanyak 6.137 investor, dimana menempati urutan terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Semarang.

Jumlah investor tersebut meningkat sekitar 26% dari April tahun lalu sebesar 41.063 investor. Adapun jumlah investor di Pasar Modal Indonesia hingga akhir April 2017, telah mencapai sekitar 975.000 investor, yang mencakup investor pemilik Efek, Reksa Dana dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia. (ian)

One thought on “KSEI Sosialisasikan Manfaat Fasilitas AKSes di Kota Solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger