Kunjungan Delegasi LKS SMK Propinsi Sulawes ke SMPN 8 Solo

JATENGONLINE, SOLO – Jum’at (19/5/2017), bertempat di aula SMP Negeri 8 Surakarta Kepala Sekolah Nugroho, S.Pd.M.Pd. menerima kunjungan dari delegasi lomba kompetensi siswa SMK Provinsi Sulawesi Tenggara.

Masing-masing melakukan pengenalan dan pertukaran budaya antara pihak SMP Negeri 8 Surakarta oleh Ngatman, S.Pd. sebagai Ketua Panitia Pertukaran Budaya dengan La Omi, S.Si. sebagai Ketua Delegasi OSOP ( One School One Province ).

Perwakilan saling mengenalkan dan mempertunjukkan budaya daerah masing-masing, yang dikemas dalam kegiatan OSOP. Kunjungan dari Sulawesi Tenggara yang berjumlah 12 orang yeng terdiri dari 1 staf Dinas, 2 orang pendamping dan 9 siswa SMK.

SMP Negeri 8 Surakarta menyuguhkan beberapa gending Jawa yang dilakukan oleh 23 siswa dalam bimbingan Christina Endah Setyowati, S.Pd. Gending-gending itu antara lain : Gending Lancaran Kebo Giro Laras Pelog, Ladrang Ambangun Laras Pelog, Gending Lancaran 3 MWP Laras Pelog, Gending Lancaran Berseri Laras Pelog, Gending Ladrang Kalongking Laras Pelog.

Gending Lancaran Gebo Giro untuk menyambut datangnya para tamu dari Sulawesi Tenggara. Khusus Gending Lancaran 3 WMP dan gending Lancaran Berseri merupakan ciri khas gending dari Pemerintah Kota Surakarta. 3 WMP singkatan dari Waras Wasis Wareg Mapan Papan yang artinya sehat, pandai, kenyang, berhasil, tempat tinggal. Maksudnya adalah orang yang sehat dan pandai bisa tercukupi kebutuhan dan tempat tinggalnya.

Nugroho, S.Pd.M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa SMP Negeri 8 Surakarta merupakan Sekolah Mantap ( Manajemen Transparans Akuntabel dan Partisipatif ) . Pengelolaan sekolah Mantap pola manajemen yang mencoba mengimplementasikan prinsip Transparansi, Akuntabilitas dan partisipasi warga sekolah tanpa harus mengesampingkan peraturan perundangan yang berlaku. Dengan pola manajemen ini diharapkan terungkap unsur-unsur krusial yang dapat memberikan sumbangan dalam memecahkan masalah.

SMP Negeri 8 Surakarta yang diwakili oleh Zaenab Syahputri kelas IX G, Jaguar Proex kelas IX D, Damacasta kelas IX A menampilkan visi misi sekolah, budaya SMP dan adiwiyata . Visi SMP Negeri 8 Surakarta adalah Sekolah Yang Berprestasi, Berbudaya, Berwawasan Lingkungan Berdasarkan Iman dan Taqwa. Budaya SMP Negeri 8 Surakarta adalah 5 S yang artinya Sapa, salam, Senyum, Sopan dan Santun. Untuk Adiwiyata , melibatkan partisipasi warga sekolah dalam mengelola lingkungan sekolah. Pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Kunjungan Delegasi Lomba Kompetensi Siswa SMK dari Provinsi Sulawesi Tenggara diakhiri dengan pemberian cindera mata hasil karya batik dari dari siswa SMP Negeri 8 Surakarta dan video kaset yang berisi profil sekolah, gending-gending Jawa serta tari-tarian dari siswa SMP Negeri 8 Surakarta. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi delegasi OSOP dari Sulawesi Tenggara. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress