Wabup Terpilih Fauzi Ikut Donor Darah

JATENGONLINE, PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu terpilih H. Fauzi berpartisipasi mendonorkan darahnya pada `Donor Darah Multi Community`, Sabtu (20/5/2017), di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pringsewu, di Pekon Fajaragung Barat.

Fauzi mengaku rutin melakukan donor darah setiap ada momen. Sebab donor darah sangat baik untuk kesehatan tubuh karena darah akan muncul ke tubuh menjadi lebih bersih dan lancar. Dia mengapresiasi kegiatan donor darah yang dimotori gabungan elemen dan komunitas yang ada di Kabupaten Pringsewu.

“Biasanya pemerintah yang menggelar dengan menggandeng lembaga dan komunitas lain. Tetapi ini malah sebaliknya bahkan pesertanya cukup banyak,” ujarnya.

Fauzi meminta kegiatan itu dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan, karena memang dibutuhkan dan membantu pihak Rumah Sakit.

“Jadi bagi yang membutuhkan darah sesuai golongan darah juga kebutuhan beberapa kantong sudah tidak sulit lagi mencarinya,” ujarnya.

Sementara kata ketua pelaksana Kapten Redi Kurniawan yang juga selaku Danramil 424-06 Kecamatan Pringsewu, mengatakan bakti sosial ini dalam rangka menyongsong Ramadhan 1438 H. “Alhamdulillah target tercapai, bisa mendapatkan lebih dari 100 kantong darah dari sekitar 300 peserta yang hadir,” ujarnya.

Kegiatan ini bagian dari program kerja Koramil 424-06 Pringsewu. Bakti sosial ini kerja sama Danramil 424-06 Pringsewu, bersama Direktur RSUD Oringsewu, Dinas Sosial, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI), Polsek Pringsewu, Palang Merah Indonesia Pringsewu dan Komunitas Adventure Trail seperti Pagas, Sidorukun, Tatrac, Kilat dan Akaboncu, yang berlangsung pada pekan lalu di Markas Koramil Pringsewu beberapa waktu lalu.

Redi Kurniawan menuturkan, bahwa untuk meraih target sejumlah kantong darah itu tidaklah mudah, tetapi dengan keyakinan, semangat kebersamaan dan kekompakan semoga target bisa tercapai. “Keberhasilan kegiatan donor darah tersebut adalah kesuksesan bersama,” ungkapnya.

Danramil memaparkan, donor darah ini digelar karena beberapa rumah sakit yang ada di Pringsewu sering kekurangan stok darah. Selain itu, berdonor darah merupakan ibadah juga akan membuat tubuh lebih sehat bagi pendonor karena membuat sirkulasi darah ditubuhnya menjadi lebih lancar dan baik lagi.

Direktur RSU Daerah Pringsewu dr.Uli Noha mengatakan, pada agenda itu, menerjunkan sejumlah tenaga medis dan sejumlah perlengkapan. “Saya mengapresiasi, bila perlu rutin digelar dalam 4 hingga 6 bulan sekali, karena hal itu akan lebih bagus,” ungkapnya.

Uli Noha menuturkan, nantinya sejumlah kantong darah itu terlebih dulu akan dicek dulu di laboratorium guna mengetahui apakah darah tersebut dapat dipergunakan atau tidak.

“Kemudian setelah dicek dan darah dinyatakan bagus maka akan disimpan di bank darah di Unit Transfrustasi Darah RSUD Pringsewu,”terangnya.

“Kegiatan ini adalah kegiatan dari warga masyarakat yang terbentuk dalam wadah beberapa komunitas. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini, kalau saya bilang ini adalah Sedekah Darah, kedepan saya berharap kegiatan ini kita bisa buat lebih lagi,” papar H. Fauzi dalam sambutannya.

Dia juga mengatakan, di RSUD Pringsewu ini sudah di lengkapi cuci darah jadi kegiatan donor darah ini sangat membantu. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress