Bubur Banjar Darussalam Dinantikan Tiap Ramadhan

Pembagian bubur Samin untuk berbuka puasa bersama di Masjid Darussalam Jayengan, Solo.

JATENGONLINE, SOLO – Ada tradisi unik di Masjid Darussalam, Jayengan, Serengan, Solo setiap bulan Ramadan tiba.

Takmir di masjid tersebut membagikan bubur khas Banjar ke jemaah masjid maupun masyarakat umum untuk berbuka puasa minimal 1.000 porsi per harinya.

Bubur Banjar yang dibagikan tersebut lebih dikenal sebagai bubur Samin oleh warga yang biasa mengantri untuk mendapatkannya, karena hampir warga masyarakat di Solo Raya ingin mendapatkan menu khas ini, sekali dalam setahun.

Ketua Takmir Masjid Darussalam, H Rosyidi Muchdlor, menjelaskan bahwa setiap hari rata-rata memasak 40 hingga 50 kg beras, dan menurun disaat pertengahan dan menjelang lebaran.

“Awal puasa hingga seminggu ini memasak hampir 48 kilo, atau sedikitnya jadi 1.100 porsi,” kata Royidi, Sabtu (27/5/2017).

Disamping dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan, panitia menyediakan untuk buka puasa bersama di masjid tersebut sebanyak 200 porsi dan sebagai menu pendamping disajikan segelas kopi susu, kurma, samin dan rempah-rempah.

Bubur Samin ini merupakan menu tradisi asli Banjar. Dibikin setian bulan puasa dengan dana mandiri dari donatur dan alumni Darussalam. Selama sebulan penuh puasa di perlukan dana Rp. 18 juta rupiah.

“Setiap hari dibutuhkan dana sekitar Rp. 600 ribu, tinggal dikalikan 30 hari saja,” imbuh Rosyidi.

Bubur Samin ini merupakan hasil paduan aneka rempah serta diberi pelengkap berupa potongan daging dan sayuran, seperti wortel dan daun bawang, serta susu. Aroma khas Banjar dari bubur ini menyeruak melalui kehadiran rempah-rempah, seperti kapulaga dan minyak Samin.

Minyak samin inilah yang menjadikan bubur berwarna kekuningan dan juga memiliki khasiat menghangatkan badan bagi orang yang menyantap bubur samin.

H. Rosyidi Muchdlor

“Ini itiba’ dari nenek moyang yang ada di Kalimantan, bagi yang memakan ini badan menjadi hangat, enak dan segar,” pungkas Rosyidi. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress