10 Mahsiswa Univet Magang di Yukiguni Maitake co.L.td Jepang

Penandatanganan surat perjanjian internship antara fakultas pertanian Univet dan fakultas pertanian unisri dengan yukiguni maitake co.L.td Japang.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo dan Universitas Slamer Riyadi (Unisri) Surakarta menjalin kerjasama mahasiswa magang di perusahaan Jepang. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU oleh kedua universitas tersebut dengan mr Kiguci dari Yukiguni Maitake co.L.td yang datang langsung dari Jepang, Kamis (1/6/2017) di ruang seminar Univet Sukoharjo.

“Ini kerjasama kedua dan ketiga kami dengan universitas di Indonesia. Sebelumnya kami undang 30 mahasiswa pertanian IPB, lalu sekarang 10 mahasiswa dari Univet dan 15 mahasiswa Unisri. Kami juga senang bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia,” ungkap mr Kiguci dengan bahasa Jepang yang diterjemahkan.

Mr Kiguci mengaku senang dengan tipikal pekerja warga Indonesia, yang utama orang Indonesia khususnya Jawa adalah pekerja keras, ramah dan ceria, sesuai dengan tipikal masyarakat Jepang. Dalam kerjasama ini perusahaan Yukiguni membuka kesempatan magang mahasiswa dari fakultas pertanian untuk mengembangkan industri jamur di Jepang. Magang akan dilakukan selama 9 bulan dimulai pada Agustus 2017 mendatang.

Menyambut kerjasama tersebut, Prof Ali Mursyid, Rektor Univet Sukoharjo, bangga dan berharap kerjasama akan berkelanjutan. “Ini kerjasama perdana magang pendidikan dan kerja ke Jepang. Kami berharap akan terus berlanjut dengan bidangnya lebih luas tidak hanya pertanian saja.” ungkap Prof Ali.

Ditambahkan Prof Ali, manfaat yang diperoleh secara akademik diakui sebagai pelajar atau mahasiswa berkompeten. Juga ada transkrip nilai saat magang yang menjadi nilai plus untuk menentukan kelulusan.

Sementara itu Cici Suryaningsih, mahasiswa jurusan prodi agroteknologi Fakultas Pertanian Unisri, yang masuk sebagai calon magang mengaku senang dan bangga bila nanti bisa berangkat magang ke Jepang.

“Tentu saja bangga dan semangat. Karena ingin cari pengalaman dan wawasan di Jepang. Kebetulan pula saya juga sangat tertarik dengan budidaya jamur. Semoga ilmu yang saya dapat dan pengalaman yang nanyi saya dapatkan bisa bermanfaat,” ungkap Cici yang juga hadir saat penandatanganan MoU antara univet – unisri dan Jepang. (jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress