Gelar Pengajian Jelang Pengumuman Kelulusan SMPN 8 Solo

JATENGONLINE, SOLO – Kegiatan dalam rangka pengumuman kelulusan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Nugroho, S.Pd.M.Pd. menampilkan beberapa kegiatan antara lain dengan pengajian bagi yang beragama Islam dengan mengundang Ustadz Badruddin dari Jebres yang dilakukan di halaman sekolah.

Sebelum acara dimulai Kepala SMP Negeri 8 Surakarta memberikan reward kepada siswa yang mendapatkan hadiah kejuaraan 10 besar dan yang mendapatkan nilai 10 UN ( Ujian Nasional ) sejumlah 3 siswa.

“Hikmah Ramadhan yang disampaikan ustadz yaitu bahwa puasa itu ibarat makan nasi, dan tarawih itu sebagai lauknya,” ujar Sri Suprapti, Humas SMPN 8 Solo, usai mengikuti pangajian. Jumat (2/6/2017)

Jadi kalau sedang puasa juga melakukan tarawih, imbuhnya, karena kalau tidak itu ibarat makan nasi tanpa sayur. Keutamaan yang ke dua adalah bau mulut di bulan Ramadhan lebih wangi daripada bau minyak misik.

Tetap disunahkan sikat gigi di pagi hari. Karena minyak misik merupakan minyak yang pertama diturunkan pertama kali di dunia oleh Allah. Keistimewaan yang ke tiga adalah bahwa surga itu setiap malam diperintahkan oleh Allah untuk memperbaiki diri bagi orang-orang yang puasa di bulan Ramadhan.

Setelah selesai mengikuti pengajian, kegiatan selanjutnya adalah mengadakan shalat berjamaah di masjid yang berada di lingkungan sekolah. Acara buka bersama dilakukan di ruang aula SMP Negeri 8 Surakarta.

“Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Nugroho, S.Pd.M.Pd, Ketua Komite Drs. Bintoro MM. Bapak / Ibu Guru, Karyawan/ karyawati bersama perwakilan kelas dan pengurus OSIS. Untuk kelas IX buka di ruang kelas masing-masing didampingi wali kelas sekaligus pemberian pengumuman kelulusan yang diambil oleh siswa sendiri,” lanjutnya.

Urutan siswa yang menjadi Juara1 sampai dengan juara 10 antara lain Tabita Amelia Suci Prasetyo, Ikhsan Adi Ariyono, Nanda Putra Ramadhan, Damacasta Ardeliapta E, Dian Nur Jannah, Jesica Mei Sabani, Crisma Devika Setiawan, Arrayasi Atria Danesti, Desy Vita Pratiwi, Nanda Indah Kusdiyani. Mereka mendapatkan reward dari sekolah.

Siswa kelas IX SMP Negeri 8 Surakarta dengan jumlah peserta UN 252 dinyatakan lulus 100 %. Dan SMP Negeri 8 Surakarta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016 / 2017 rata-rata nilai 280,62 masuk rangking 10 se kota Surakarta.

Untuk siswa yang mendapatkan nilai 100 dalam mata pelajaran Matematika antara lain : Tabita Amelia Suci Prasetyo, Ikhsan Adi Ariyono, Crisma Devika Setiawan. Selain mendapatkan reward dari sekolah juga mendapatkan hadiah dari Kepala SMP Negeri 8 Surakarta. Kepala sekolah juga memberikan penghargaan kepada guru yang mengajar mata pelajarannya yang mendapat nilai 10.

Adapun guru mapel tersebut adalah Pujianto,S Pd dan Wahono, S Pd, suasana sedih dan gembira tampak dari wajah anak anak. Mereka yang jumlah nilainya bagus bersorak senang, sedangkan mereka yang jumlah nilainya tidak sesuai yang diinginkan langsung sedih dan menangis. Setelah sejumlah kegiatan dilakukan anak – anak dijemput pulang oleh orang tua masing-masing. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress