Kuliah Jangan Hanya Mengejar Nilai Tapi Kejarlah Nilai Nilai

JATENGONLINE, SOLO – Persaingan di dunia kerja semakin ketat, maka saat kuliah jangan hanya sekedar mengejar nilai dan ijazah semata. Dalam dunia kerja orang tidak akan dilihat dari lulusan perguruan tinggi mana. Namun dilihat dari kemampuan bekerjanya, demikian diungkapkan Direktur Amalia Consulting, Drs. Suharno, MM, Ak, MIPR, saat mengisi orasi dies natalis Universitas Boyolali (UBY) yang ke-9, dengan tema ” Membangun Kebersamaan untuk Memujudkan UBY Unggul ” , Senin (5/6/2017).

Acara dies dilaksanakan sederhana, namun sangat bermakna dihadiri jajaran rektorat, yayasan, dosen dan karyawan.

Lebih lanjut, Suharno, menghimbau kepada para mahasiswa untuk mengejar nilai-nilai (values) dari mata kuliah yang dipelajari daripada sekedar mengejar nilai.

“Setiap kita belajar pahami dan kuasai subtansi apa yang kita pelajari, sehingga apa yang kita pelajari melekat pada diri kita,” ungkapnya.

Selanjutnya dipaparkan, dunia pendidikan atau kampus harus merubah paradigma pembelajaran, menjadikan mahasiswa sebagai subyek bukan obyek pembelajaran. Tidak cukup hanya transfer ilmu yang bersifat hard skills, dosen dituntut bisa membekali mahasiswa dengan kemampuan soft skills. Yaitu kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan dirinya dan lingkungannya.

“Dosen jangan hanya bisa menilai tugas atau pekerjaan mahasiswa saat ujian, namun bimbinglah mahasiswa agar dapat meraih nilai A. Artinya dosen harus mampu berperan sebagai fasilitator sekaligus motivator bagi mahasiswanya,” pungkasnya. (arn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger