SDM Kunci Utama Keberlangsungan BPR

JATENGONLINE, KLATEN – Keberlangsungan lembaga keuangan, tidak terkecuali Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam persaingan yang sangat kompetitif saat ini sangat ditentukan faktor internal, khususnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Bila SDM tidak kompeten dan tidak profesional, maka BPR tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

“Dari catatan kami BPR yang tidak peduli pada perbaikan dan peningkatan kapasitas kompetensi SDM, akan tersingkir dan tersungkur dari peredaran,” ungkap Direktur Amalia Consulting, saat tampil sebagai narasumber Membangun SDM Kompeten dan Profesional Berbasis Kearifan Lokal dan Spiritual, Jumat (9/6/2017), yang diselenggarakan Ardhana Consulting, di Restoran Banyu Oerip, Klaten.

Lebih lanjut, Suharno, dihadapan 21 peserta pelatihan yang terdiri komisaris, direksi dan karyawan PT Bhakti Riyadi, Klaten, mengharapkan agar memberikan perhatian serius terhadap peningkatan pengetahuan dan ketrampilan karyawan secara berkelanjutan.

“Pelaksanaan training yang diamanahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang besarnya lima persen dari total biaya tenaga kerja, harus direncanakan dan dilaksanakan secara baik dan efektif, disesuaikan kebutuhan, tidak sekedar menggugurkan kewajiban,” himbaunya.

Pengetahuan dan ketrampilan yang wajib dikuasai utamanya terkait tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing serta harus tahu arah tujuan BPR yang dirumuskan dalam visi serta misi BPR.

“SOP dan visi misi harus dibaca dan dipahami, dan dilaksanakan, melekat serta menyatu pada setiap diri. Berdasarkan pengamatan di lapangan sebagian besar karyawan BPR tidak hafal visi misi BPRnya. Ini ibaratnya berjalan tanpa tahu arah. Masing-masing nampak sibuk bekerja namun tidak bersinergi dan berkolaborasi dengan baik. Inilah penyebab utama munculnya permasalahan di BPR yang berdampak pada buruknya kinerja dan pelayanan,” papar Suharno.

Acara dilanjutkan dengan fun game yang berlangsung seru dan meriah dipandu tim dari Ardhana Consulting dan ditutup dengan berbuka puasa bersama. (arn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger