Unisri Tradisikan Buka Bersama Jalin Kebersamaan

JATENGONLINE, SOLO – Civitas akademika Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Kamis (15/6/2017) bertempat di Auditorium Unisri, menggelar siraman rohani dan buka puasa bersama.

Acara dihadiri jajaran pimpinan rektorat, yayasan, dosen dan karyawan, serta mahasiswa. Dalam sambutannya Rektor, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto, mengatakan kegiatan buka bersama di Unisri tidak hanya diikuti yang beragama Islam saja, namun juga dihadiri yang non muslim.

“Kami berharap buka puasa bersama ini menjadi tradisi kebersamaan, bisa menjadi ajang silaturahmi serta memperkuat jalinan antara satu dengan yang lain. Kita menghargai keberagaman, saling hormat menghormati dalam bingkai bhineka tunggal Ika, sehingga tidak akan muncul paham radikalisme,” harapnya.

Siraman rohani menjelang berbuka puasa menampilkan pembicara Muhammad Sahid atau yang terkenal sebagai pelawak ketoprak Seniman Muda Surakarta dengan nama panggung Joleno.

Dalam ceramahnya mengajak untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diterima. Tidak selalu berkeluh kesah. Mampu mengendalikan diri, menjadi pribadi yang sabar yang selalu berbuat baik terhadap sesama.

“Puasa dalam pandangan orang jawa dimaknai ” ngepaske roso ” yang kurang lebih selalu mengendalikan hawa nafsu, agar tidak selalu berburuk sangka terhadap diri sendiri maupun orang lain. Tidak bisa kita menilai keimanan orang lain dari lahiriah semata. Hanya orang bersangkutan dan Allah yang bisa menilai keimanan seseorang,” ungkapnya.

Joleno menyampaikan materi banyak menyentuh aspek sisi rohani dalam terminologi budaya Jawa, dan contoh kongkrit dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu menyentuh hati pendengar.

Acara ditutup doa oleh Drs. Wartoyo, MPd, dilanjutkan buka puasa bersama (arn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger