Unisri Gelar Halal Bihalal

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta memulai kembali aktivitas setelah libur panjang Lebaran, Senin (3/7/2017).

JATENGONLINE, SOLO – Halal Bihalal menjadi kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh civitas akademika Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, setelah libur panjang lebaran. Acara dilaksanakan di auditorium Unisri. Senin (3/7/2017)

Kepala UPT Humas Unisri, Suharno, menjelaskan halal bi halal merupakan tradisi dan agenda tahunan diikuti pihak rektorat, yayasan, dosen, karyawan dan mahasiswa. “Halal Bihalal sudah menjadi tradisi sebelum mengawali kembali aktivitas akademik setelah Lebaran,” jelasnya.

“Secara simbolis Halal Bihalal diwakili mahasiswa, dosen dan karyawan diterima Rektor dan Yayasan yang mengikrarkan saling memaafkan, ini juga untuk menjaga hubungan silaturahmi antara semua keluarga Unisri Surakarta,” lanjut Suharno.

Ketua panitia, Suntoro, S.Psi, menjelaskan halal bi halal merupakan agenda tahunan yang wajib diikuti seluruh civitas akademika,  untuk memupuk jalinan silaturahmi dan kebersamaan,  serta saling memaafkan.

Rektor Unisri Solo

Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto memaparkan, halal bi halal mengandung dimensi vertikal dan horizontal. Vertikal menyangkut hubungan dengan sang pencipta Allah SWT, sedangkan horizontal  bersilaturahmi dengan sesama manusia untuk saling memberi dan meminta maaf.

“Setelah dosa vertikal terampuni melalui ibadah puasa, maka dosa horizontal pun harus kita hapus dengan saling memberi dan menerima maaf, melalui halal bi halal. Pasca puasa dan lebaran kita benar-benar  kembali dalam keadaan fitri, suci kembali,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapti Rahayu, berharap agar dengan Idul Fitri dan halal bi halal akan tercipta masyarakat  fitri, yaitu masyarakat yang aman, damai dan sentosa dalam keanekaragaman yang tua dan yang muda, tidak ada yang dibedakan, dan tidak ada yang di anak tirikan.

Implementasi masyarakat fitri di Unisri bila segenap civitas akademika  merasa aman, damai dalam eksistensinya, karena sadar akan posisi dan fungsinya masing-masing. Di mana satu sama lain saling melengkapi dan saling menyempurnakan.

Siraman rohani serta hikmah halal bi halal sebagai inti dari acara tersebut disampaikan ustadz KH. Ir. Seno Hadi Sumitro, MH. yang juga merupakan motivator tingkat nasional.

Sebagai akhir dari acara, segenap undangan yang hadir saling berjabat tangan dan menikmati hidangan ketupat bersama (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger