Astra Motor Quality Convention (AMQC) Jaring Inovasi dan Ide Kreatif

Marketing Region Head Astra Motor Jateng Sukamto Margono (tengah) bersama tim Astra Motor Jateng pada final AMQC 2017 di Hotel Harris Cimbuleuit, Bandung. (12/06/2017)

JATENGONLINE, SEMARANG – Gelaran Astra Motor Quality Convention (AMQC) kembali diadakan guna menjaring inovasi serta ide kreatif dari karyawan di 10 wilayah pemasaran Main Dealer Astra Motor di Indonesia. Pada gelaran AMQC tahun ini yang diadakan di Hotel Harris Bandung 10-11 Juli 2017, Astra Motor Jateng keluar menjadi juara umum dengan membawa tiga piala di dua kategori lomba.

Astra Motor Jateng berhasil menjadi juara pertama dan kedua pada kategori Quality Control Circle Non Technical (QCC) atas karya Sistem Digitilisasi Manajemen Gudang dan Inovasi Digitalisasi Sistem Pembayaran, dan juara ketiga pada kategori Quality Control Project dengan Digitalisasi Logistik.

Kepala wilayah Astra Motor Jawa Tengah Yohanes Kurniawan mengatakan bahwa ajang AMQC dilakukan secara nasional guna memacu timbulnya inovasi pada perseroan. Kali ini, dari 10 main dealer Astra Motor yang ada, perwakilan Jateng menjadi juara umumnya.

“Ini menandakan bahwa kami serius untuk terus berinovasi memperbaiki sistem dan layanan. Kami arahkan kepada digital, agar proses cepat dan efesien. Pada ujungnya konsumen juga yang akan diuntungkan dari beragam inovasi-iovasi internal yang kami lakukan,” pungkas Kurniawan, dikantornya. Rabu (12/7/2017)

Juara pertama dengan inovasi pada sistem digital gudang memang diperlukan untuk mengubah penataan stok secara tradisional menjadi efektif dan efesien. Setiap tahunnya, Astra Motor Jateng selaku main dealer mampu mendistribusikan motor sejumlah lebih dari 540.000 unit. Bila dihitung perbulan, ada sekitar 45.000 unit motor keluar – masuk gudang Astra Motor Jateng yang terletak di Kawasan Industri Candi.

Penerapan sistem tersebut juga menghasilkan efesiensi yang cukup baik dibandingkan sebelumnya. Proses bongkar muat di gudang dengan kapasistas 15.000 unit yang dimiliki Astra Motor Jateng menjadi lebih cepat 30%. Lama waktu bongkar muat dari 8 truk per jam menjadi 12 truk per jam.

Selain itu, untuk proses keluar masuk unit motor juga menjadi lebih cepat. Dari 12.000 unit per hari menjadi 15.600 unit per hari.

Melalui ajang AMQC ini lebih dari 700 makalah inovasi dan ide kreatif terkumpul dari seluruh jaringan bisnis Astra Motor di penjuru Indonesia. Kegiatan ini diciptakan guna meningkatkan efesiensi proses bisnis di Astra Motor.

Semuanyaberujung pada kepuasan pelanggan. Karena apabila seluruh proses dari hulu ke hilir bisa tersistem secara efesien, konsumen bisa lebih cepat, nyaman, aman dalam merasakan layanan yang ditawarkan oleh Astra Motor khususnya dalam penjualan dan perawatan sepeda motor Honda.

“Honda Motore Wong Jawa Tengah selalu siap berinovasi guna member nilai tambah kepada konsumen loyal kami. Kedepannya, kami akan terus ciptakan inovasi bisnis guna menghadapi pasar yang terus berkembang dan berubah,” tutup Kurniawan. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress